Breaking

Post Top Ad

9/25/2023

Kunjungi Pengrajin Sapu Ijuk, Ini Kata Sertu Haris

Gresik, pojokpudak.com


Berikan motivasi semangat usaha di wilayah binaan, Sertu Haris Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang mengunjungi usaha warga binaan Sumarni pengrajin sapu ijuk bertempat di Desa Kedungpring, Kec. Balongpanggang. Sabtu (23/9/2023).


Dalam kunjungannya, Babinsa Sertu Haris disambut dengan baik oleh Ibu Sumarni dan ditunjukkan proses usahanya dalam pembuatan sapu ijuk dari mulai bahan dasar hingga menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual.


"Teknis pembuatannya sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Diawali dari ijuk yang telah diperoleh disortir terlebih dahulu kemudian dipotong sesuai kebutuhan. Proses selanjutnya masuk ke teknis penyisiran dengan menggunakan alat dari besi runcing,"terang Sumarni.


"Setelah itu, ditumpuk beberapa lembar dan bagian atas ijuk dianyam untuk memperkuat kerapatan kemudian dipasangkan dan terakhir diberi gagang."ujarnya.


Lanjutnya, Sumarni juga mengatakan bahwa salah satu alasan usaha membuat sapu ijuk karena jenis sapu ini banyak yang menggunakan. Disamping itu berbahan yang mudah ditemukan berasal dari pohon aren, sapu ini lebih lentur dan mempunyai ketahanan lebih lama.


Sebagai pengrajin sapu ijuk Sumarni tergolong cukup sukses. Dalam usahanya dibantu beberapa pekerja dan pemasaran hasil produksinya hingga keluar wilayah.


Di tempat yang sama, Babinsa Sertu Haris menyampaikan kepada Sumarni agar selalu menjaga kualitas sehingga produk buatannya tetap dipercaya oleh konsumen.


"Dengan mempertahankan mutu atau kualitas produk tidak akan kalah bersaing dan usaha akan tetap bertahan,"kata Sertu Haris.


"Semoga usaha Sumarni semakin maju berkembang sehingga secara tidak langsung ikut membantu dalam meningkatkan roda perekonomian di wilayah."pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads