Breaking

Post Top Ad

9/18/2023

Meriah... Pawai Karnaval Budaya Dan Sedekah Bumi Desa Katimoho

Gresik, pojokpudak.com

Tradisi sedekah bumi di Desa Katimoho ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini diadakan dengan menggelar karnaval budaya dan kirab tumpeng gunungan raksasa dari setiap, Rukun Tetangga (RT) masing masing membuat bentuk kreasi.


Kegiatan sedekah bumi, di Desa  Katimoho digelar selama dua hari, Dua malam, Yaitu pada hari Sabtu dengan mengelar berbagai kegiatan yang diawali dengan, Pengajian Istighotsah dan doa bersama, 


Pada hari Minggu (17/9/2023) Pagi di lanjutkan pawai Karnaval budaya dan kirab tumpeng gunungan raksasa yang berbentuk menara eiffel serta masing masing dari RT menunjukkan kreasinya masing masing 


Kemudian pada siang dilanjutkan ratusan warga Desa Katimoho berbondong-bondong, datang ke kediaman rumah Kepala Desa  sambil membawa tumpeng dan juga berbagai makanan lainnya, semua sajian makanan.


Pada malam harinya dilanjutkan  Gebyar hiburan kesenian Jawa Timur, Ludruk Karya Budaya dari kabupaten Jombang.


Acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Katimoho, Rini, S, Pd, Kepala Dusun (Kasun) Katimoho Winda berserta panitia dan seluruh anggota panitia sedekah bumi, dan Babinsa Desa Katimoho Serda Bambang. S, Bhabinkamtibmas Aipda Febbri dan, RT/RW, Karang Taruna berserta tokoh masyarakat tokoh agama, dan seluruh warga masyarakat Desa Katimoho.


Sementara itu dalam sambutannya Kasun Katimoho Winda, sekaligus sebagai ketua panitia sedekah bumi mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dusun Katimoho atas dukungannya dan sumbangsihnya, Dengan terselenggaranya kegiatan sedekah bumi ini merupakan salah satu cara meng uri-uri atau melestarikan tradisi budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan selama ini kepada seluruh warga masyarakat khususnya Dusun Katimoho Desa Katimoho ini.


Dengan diadakan kegiatan sedekah bumi ini semoga warga Dusun Katimoho Desa Katimoho selalu diberikan keberkahan, atas hasil panennya yang melimpah ruah dan juga diberikan kesehatan, keselamatan, kemakmuran dan dijauhkan dari marabahaya dan dijadikan Dusun Katimoho Desa Katimoho ini, Yang adem ayem tentrem, guyub rukun damai  sentosa. 


Selain itu, tidak lupa mengucapkan mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Katimoho Desa Katimoho  apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, dan pawai karnaval budaya ini, ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi berserta panitia yang lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat, Tuturnya.


Disela sela kegiatan Kades Katimoho Rini, S,Pd, Mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, Desa.Katimoho dengan adanya kegiatan pawai karnaval budaya ini, Dalam rangka sedekah bumi ini.


Seluruh warga masyarakat, Desa Katimoho sangat antusias sekali mengikuti pawai karnaval budaya dalam rangka sedekah bumi ini dan juga warga Desa Katimoho sangat kompak guyub rukun mulai dari, RT, 01 sampai, RT, 13, Benar benar sangat semangat sekali dengan adanya kegiatan pawai karnaval budaya dan sedekah bumi ini seakan tidak memutuskan semangatnya para warga Desa Katimoho yang mengikuti pawai karnaval budaya meskipun tersengat terik panasnya matahari seluruh warga tetap semangat sekali.


Kami atas nama, Pemerintah Desa (Pemdes) Sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia sedekah bumi dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Katimoho ini,  Mudah mudahan kegiatan pawai dan karnaval budaya dan sedekah bumi di tahun kedepannya lebih meriah lagi. Pungkasnya (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads