Breaking

Post Top Ad

10/23/2023

Kirab Budaya Ramaikan Sedekah Bumi Dusun Pengampon

Gresik, pojokpudak.com


Tradisi sedekah bumi merupakan warisan para leluhur yang masih terus dilestarikan hingga saat ini, salah satunya di Dusun Pengampon, Desa Setro, Kecamatan Menganti.


Sedekah Bumi di dusun tersebut dirayakan dengan berbagai macam cara, salah satunya dalam bentuk kirab budaya yang merupakan kolaborasi seni dan kearifan lokal.


Pada tahun ini, kirab atau karnaval budaya sedekah bumi diawali dengan arak-arakan sambil membawa hasil bumi dan pawai budaya yang menampilkan berbagai macam kesenian, Minggu (22/10/2023).


Karnaval tersebut dimeriahkan oleh penampilan berbagai kesenian, hingga ogoh-ogoh lengkap dengan dandanan unik dari para peserta. Mereka melakukan pawai mengelilingi jalan dusun.


pantauan di lokasi, masyarakat Dusun Pengampon sangat antusias mengikuti jalannya kirab tersebut, setiap RT turut berpartisipasi mengirimkan delegasinya untuk mengikuti karnaval budaya. 


Tak hanya karnaval, pihak panitia pun menyiapkan berbagai macam hadiah menarik bagi masyarakat demi menambah kemeriahan acara.


Kepala Desa Setro Ahmad Saiful mengungkapkan, tradisi sedekah bumi sudah dilaksanakan turun temurun. Tradisi tersebut, dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas limpahan rizki, kesehatan dari Allah SWT. Dengan adanya sedekah bumi, Kades berharap kerukunan dan kekompakan masyarakat tetap terjaga. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads