Breaking

Post Top Ad

10/22/2023

Kiprah Tim Melek Industri di Momen Hari Santri Panen Apresiasi: Santri Hebat, Industri Kuat, Indonesia Jaya

Gresik, pojokpudak.com


Momen Hari Santri Nasional (HSN) 2023 benar-benar membawa berkah. Betapa tidak, Perjuangan, Pengabdian, dan Kerja Keras Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu (SNB) membina Ribuan Pekerja Santri berbuah apresiasi yang luar biasa. Tidak tanggung-tanggung, apresiasi diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Dr. Ir. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si.


Menteri Perindustrian RI mengucapkan selamat Hari Santri Nasional,kepada Tim Melek Industri SNB. Semoga para santri seluruh penjuru tanah air, dapat berkontribusi aktif dan positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi serta kemajuan bangsa.


Kontribusi santri tidak hanya pada sektor agama, tapi juga dalam sektor lainnya seperti sosial, budaya, ekonomi termasuk di dalamnya adanya industrialisasi.


Kementerian Perindustrian, konsisten menjalankan program Santri Preneur atau Santri Ber-Industri yang merupakan model penumbuhan, pengembangan industri baru berbasis pondok pesantren.


Pondok Pesantren memiliki peran strategis, mendukung industri di Indonesia sebagai Agent Of Development. Sebagai wadah dan sarana pemberdayaan masyarakat, yang berdampak besar bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat. 


Membangun ekosistem baik, menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. "Saya berpesan, agar para santri setelah lulus dari pondok pesantren selain dapat berkontribusi sebagai pekerja di berbagai sektor ekonomi dan industri, tapi juga menjadi seorang Pengusaha / Santri Preneur yang membawa manfaat bagi lingkungan sekitar," pesannya secara virtual di Momen HSN 2023, Minggu (22/10/2023).


"Pada kesempatan ini, saya memberikan apresiasi pada Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu, yang senantiasa terus  berkomitmen mendorong para santri memiliki pola pikir / mindset selalu memberikan dedikasi terbaik pada agama, bangsa dan negera. "Santri Hebat, Industri Kuat,  Indonesia Jaya" imbuhnya. 


Tidak hanya sang menteri, Ibu Dyah Roro Esty selaku Anggota DPR. RI Komisi VII yang salah satunya membidangi Industri juga penuh semangat sangat mengapresiasi kerja keras Tim Melek Industri selama ini. 


"Selamat Hari Santri pada Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu. Terus semangat memperjuangkan para pekerja santri agar bisa diterima bekerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) dan perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di KEK JIIPE. Wes pokoke mantap Pak Lestari Widodo dan seluruh Penggerak Tim Melek Industri lainnya," ucap Mbak Roro sapaan akrab anggota DPR RI dari Partai Golkar ini. 


Tidak berhenti di situ, Bapak Maksum Hara, Pengusaha di Jepang asli Putra Daerah, santri yang Go Internasional juga memberikan jempol plus sekaligus mengapresiasi kegiatan HSN yang digelar Tim Melek Industri. 


Beragam apresiasi tersebut memang layak disematkan untuk Tim Melek Industri SNB. Tak hanya gigih memperjuangkan para pekerja santri memasuki dunia industri, namun di Momen HSN 2023,Tim Melek Industri juga menggelar seabreg kegiatan positif yang penuh manfaat. 


Tim Melek Industri "Santri Nusantara Bersatu ( SNB )", menggelar beragam kegiatan bersama Aliansi Kepemudaan ( Kartar Kerabat, PR.Ansor - Fatayat - IPNU - IPPNU, Remas , Osis MA Mambaul Ulum ) Desa Bedanten Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik


Pada Hari Sabtu, 21 Oktober 2023

Kegiatan NOBAR FILM SANG KYAI dan RENUNGAN SUCI HARI SANTRI. Acara dimulai dengan ceremonial, pembukaaan oleh pembawa acara dibuka dengan Suratul Fatihah, menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya, Mars NU Yalal Wathon, dan Mars HSN.


Ulul Albab selaku Ketua Panitia Pelaksana HSN menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas seluruh peran dari aliansi Kepemudaan dalam menyukseskan kegiatan memperingati Hari Santri Nasional kali ini. Semoga di tahun berikutnya, akan lebih baik lagi dan bisa bermanfaat , khususnya penguatan pada organisasi masing - masing, sekaligus sebagai bekal kaderisasi.


Pada malam ini, bagian dari rangkaian HSN, Panitia pelaksana, menyuguhkan nobar film Sang Kyai. Tujuannya, supaya kiprah perjuangan para kyai tempo dulu, tetep dikenang oleh para generasi muda.


Selanjutnya, Abdul Majid, selaku Kepala Desa sekaligus mewakili PR NU menyampaikan Apresiasi atas kinerja Panitia pelaksana dalam menyelenggarakan Kegiatan HSN, dengan seluruh rangkaian kegiatannya.


"Terkhusus  untuk Tim Melek Industri, semoga selalu lancar dan diberi kemudahan oleh Allah SWT, sehingga istiqomah dalam mengawal dan mendampingi Para Pekerja Santri, supaya totalitas mengawal setiap progres industriallisasi di Kabupaten Gresik, khususnya di KEK.JIIPE, berikut PT.Freeport Indonesia, PT.CII, PT.Petrosea, serta dengan seluruh subcon - subconnya," ungkap Kades Abdul Majid.


Pada peringatan Hari Santri kali ini, semua yang hadir dari Para Aktivis Kartar, Ansor, IPNU - IPPNU, Remas, Anak-anak OSIS, beserta para pekerja Santri  diharapkan menunjukkan pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara secara lahir bathin dengan penuh keikhlasan.


Kemudian, pada Tanggal 22 Oktober 2023 melaksanakan Kegiatan Upacara Hari Santri Nasional di Lapangan MA.l Mambaul Ulum Bedanten, yang diikuti Pelajar Santri, Para Pekerja Santri dan Aktivis Kepemudaan ( Kartar, PR.Ansor, IPNU - IPPNU dan lainnya ).


Dra. Hj. Siti Mutmainah, M.Pd selaku Kepala MA Mambaul Ulum memaparkan

Filosofis lahirnya Hari Santri Nasional ( HSN ). Pertama, karena dalam perjuangan merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia itu Peran Ulama, termasuk peran santri sangat besar juga. 


Kedua, HSN sangat penting dan dibutuhkan untuk mengenang dan meneladani peran Ulama dan Santri dalam membela serta mempertahankan NKRI, termasuk sebagai semangat ke depan para Generasi Muda dalam turut serta dalam pembangunan bangsa.


Ketiga, Alasan paling mendasar, yaitu Tanggal 22 Oktober merujuk pada Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadratus Syekh KH.Hasyim Asy' ari.


"Saya memberikan apresiasi setinggi - tingginya, atas kerja keras, dengan tulus  ikhlas kepada jajaran Tim Melek Industri , sudah banyak berbuat dan berkiprah untuk masyarakat, terutama pada para Alumni MA.Mambaul Ulum," ucapnya. 


"Sebagai informasi yang saya dapat, para alumni Mambaul Ulum terbanyak yang diterima di PT. Freport Indonesia, berikut Projectnya. Artinya ini, membuktikan  bahwa kualitas lembaga pendidikan kita tidak bisa dianggap remeh di mata publik," tegasnya.


Mengakhiri kegiatan HSN, Para Aktivis Aliansi Kepemudaan, dan Para Pekerja Santri Bergiat dan Berbagi Nasi Bungkus pada Para Pekerja di Project Freeport / CII, subconnya, termasuk Pekerja di BKMS KEK JIIPE.


Tujuannya, dalam rangka HSN berbagi nasi bungkus ini, maknanya merupakan ajang tali silaturahmi sebagai sesama anak bangsa yang sedang mengais rezeki. Termasuk bentuk wujud kongkrit, Para Pekerja Santri, sebagai Tuan Rumah / Orang Gresik, yang menjaga sikap toleransi, santun, ramah, karena karakter santrinya.


"Para Pelaku Industri di PT. Freport Indonesia, berikut Subcon2 nya CII, Petrosea, KEK JIIPE, semoga selalu menjadi mitra baik masyarakat, melalui  Tim Melek Industri SNB, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi penganguran, serta memutus rantai kemiskinan secara paripurna," pungkas sang Pembina Lestari Widodo sembari menandaskan Tetep dengan Jargon ;

" Peduli, Ter - Panggil, Ber - Gerak, Hadir, Khoirunnas Anfauhum Linnas, SEMANGAT MENGABDI ". (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads