Breaking

Post Top Ad

10/22/2023

Kesenian Ludruk Meriahkan Puncak Sedekah Bumi Desa Cerme Kidul

Gresik, pojokpudak.com


Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan sebagai bentuk nyata gotong-royong warga, pemerintah Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme menggelar sedekah bumi, Sabtu (22/10/2023).


Acara yang bertempat di balai desa baru tersebut dihadiri langsung kepala Desa beserta perangkat, Muspika setempat, BPD, RT, RW, Tokoh Masyarakat serta tokoh agama.


Puncak sedekah bumi tersebut dimeriahkan pagelaran kesenian ludruk sekaligus pemberian santunan kematian oleh BPJS ketenagakerjaan kepada warga Cerme Kidul Suhartini yang suaminya telah meninggal dunia dan sudah tergabung dalam BPJS ketenagakerjaan sebesar 42 juta Rupiah.


Ketua Panitia Sedekah Bumi Riki Nur Wahyudi mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangsih semua pihak yang terlibat sehingga sedekah bumi terlaksana dengan lancar.


Riki panggilan akrabnya mengatakan sedekah bumi memiliki makna yang mendalam bagi warga sekitar dan hampir setiap tahun momen seperti ini di laksanakan setiap habis musim panen.


Sementara itu Kepala Desa Cerme Kidul Wahyudi Permana mengatakan sedekah bumi ini merupakan wujud rasa terima kasih kepada Allah SWT lantaran warga  diberkahi banyak rezeki dan dijauhkan dari musibah dan diberikan kesehatan serta umur panjang.


“Budaya sedekah bumi merupakan wujud shodaqoh atau wujud syukur terhadap bumi pertiwi yang ditempati agar tetap dilindungi oleh Allah swt, serta untuk melestarikan budaya dan tradisi yang sudah ada, dari jaman nenek moyang kita,” ujarnya.


Pada kesempatan itu juga, Wahyudi berterimakasih atas dukungan dari semua elemen masyarakat dan semua pihak yang telah bekerja keras, demi terselenggaranya acara sedekah bumi ini.


Lebih lanjut kades juga berharap dengan adanya acara ini dapat mendorong kemakmuran desa dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Desa Cerme Kidul. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads