Breaking

Post Top Ad

10/30/2023

Mengasah SDM, BPD se-Kecamatan Panceng Gelar Studi Tiru Ke Banyuwangi

Gresik, pojokpudak.com


Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kecamatan Panceng terus berlanjut. Tak cukup sehari, demi mengasah SDM (Sumber Daya Manusia), di hari kedua, Paguyuban BPD Panceng yang dikomandani Mohammad Khodim menggelar Studi Tiru ke Kabupaten Banyuwangi, Sabtu - Minggu (28-29/10/2023). 


"Studi tiru atau FGD (Forum Group Discussion) ini dilaksanakan di dua desa, yakni Desa Taman Sari dan Dan Desa Suko Jati, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur," terang Ketua BPD Kecamatan Panceng, Senin (30/10/2023). 


Lebih lanjut Khodim yang Jurnalis SCTV ini mengatakan, mengapa memilih Desa Taman Sari? Menurutnya, desa ini berkembang pesat dalam memberdayakan masyarakatnya dengan membangun kemitraan bersama BUMDES  dengan home stay untuk tempat tinggal para wisatawan yang mau naik ke kawah Ijen. 


Sedangkan desa kedua, yakni Desa Suko Jati, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi prestasinya luar biasa, karena berhasil menjadi desa anti korupsi.


Atas capaian prestasi kedua desa tersebut, Cak Khodim sapaan akrabnya menandaskan perlunya anggota BPD melihat dan mendengar langsung tentang keberhasilan desa berprestasi. "Semua itu ternyata adanya sinergitas antara Kepala Desa dan BPD," tandas Khodim yang juga Sekretaris Perkumpulan BPD Kabupaten Gresik PBG) ini. 


"Ternyata kedua desa tersebut BPD dan Kadesnya kompak, sehingga tercapai kemajuan yang luar biasa," imbuhnya. 


Sementara Oetomo Sapto Amien selaku Ketua Persatuan Anggota BPD Jawa Timur yang juga ikut sebagai pemateri  BPD menegaskan, BPD harus melakukan upaya dengan kepala desa untuk memajukan desanya sebagaimana dalam sumpah BPD saat pelantikan. Terlebih BPD juga memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan desa. 


Di tempat yang sama, Kepala Desa Taman Sari Banyuwangi Rizal Saputra didampingi Ketua BPD Amugi menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPD Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur atas kunjungan ke desanya. 


"Kalau desa kami bisa kompak dan berhasil membangun desa, Insya Allah, desa se-Kecamatan Panceng juga bisa. Penak-penak kalau Kades dan BPD bisa kompak," ucapnya dengan nada penuh persaudaraan. 


Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi Kadis PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Pemkab Gresik Abu Hassan pada Jumat (27/10/2023), membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), se-Kecamatan Panceng tahun 2023. Kegiatan yang digelar pasa hari Jumat (27/10/2023), ini diikuti dengan antusias oleh BPD dari 14 desa di Kecamatan Panceng.


Kecamatan Panceng, secara khusus mendapatkan apresiasi dari Wabup Gresik. Ini lantaran di kecamatan tersebut, seluruhnya merupakan Desa Mandiri.


Dalam kesempatan ini, Wabup menitip dua pesan khusus kepada peserta Bimtek. Yang pertama adalah BPD sebagai partner dari kepala desa, diharapkan bisa membantu membuat peraturan desa  sesuai dengan keadaan di masyarakat.


Pesan berikutnya, adalah agar BPD melakukan fungsi pengawasan dengan semaksimal mungkin. Pengawasan ini, kata Wabup juga meliputi apakah program dari kepala desa sudah bersinergi dengan program dari Pemerintah Kabupaten Gresik.


"Kepala Desa, pasti memiliki visi misi tersendiri. Tapi, saya yakin bahwa visi misi itu juga tidak jauh dari visi misi dari Pak Bupati," terang Wabup.


Dua pesan Wabup tersebut, sejatinya memiliki satu benang merah. Yakni bagaimana sinergi antara BPD sebagai perangkat desa, dengan kepala desa. Inilah yang diharapkan Bu Min menjadi kunci dalam kemajuan suatu desa. Karena tidak dipungkiri bahwa kepala desa dan perangkatnya merupakan ujung tombak bagi Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menjalankan program-programnya kepada masyarakat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads