Breaking

Post Top Ad

11/27/2023

Bersama Warga Binaan, Serda Irwan Laksanakan Pembuatan Saluran Irigasi Persawahan

Gresik, pojokpudak.com

Pembuatan saluran irigasi untuk mengalirkan air ke persawahan warga dipimpin langsung oleh Babinsa Serda Irwan Koramil 0817/06 Manyar. Bersama dengan warga binaannya ia menggiatkan pembuatan saluran irigasi tersebut, tepatnya di jalan menuju persawahan warga di Desa Suci, Kec. Manyar, Kab. Gresik. Senin (27/11/2023).


Saluran irigasi tersebut dibuat menggunakan sambungan pipa yang melintang dan ditanam di bawah jalan. Saluran ini dibuat dengan sasaran langsung menuju area persawahan warga. Sehingga diharapkan dapat efektif membantu para petani dalam mengairi sawah mereka.


"Selama ini pengairan sawah warga menunggu turun hujan. Maka dari itu, pembuatan saluran irigasi ini dimaksimalkan guna memperlancar pengairan sawah mereka," ucap Babinsa Serda Irwan.


Memang kebutuhan air sangat penting dan dominan dalam menentukan kesuksesan sektor pertanian, terutama tanam padi. Oleh karenanya, Serda Irwan mendorong semangat warganya dalam percepatan pembuatan saluran irigasi.


Pendapatnya, para petani yang biasa tanam dan panen padi 2 kali dalam setahun karena menunggu musim hujan. Setelah pembuatan saluran irigasi ini harapannya tidak akan pernah telat air, sehingga dapat bertanam padi 3 hingga 4 kali dalam setahun.


"Saluran irigasi menjadi kebutuhan para petani di Desa Suci, supaya pengairan sawah lancar, meningkatkan hasil panen padi dan demi kesejahteraan para petani," pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads