Breaking

Post Top Ad

11/05/2023

Kirab Budaya Hingga Pagelaran Wayang Kulit Lengkapi Kemeriahan Sedekah Bumi Dusun Bringkang

Gresik, pojokpudak.com


Warga Dusun Bringkang, Desa Bringkang, Kecamatan Menganti menggelar tradisi sedekah bumi. Kegiatan itu sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa dan juga sebagai simbol kebersamaan dan kemakmuran desa serta menghormati para leluhur terdahulu, Sabtu (4/11/2023).


Sedekah bumi yang bertempat di balai desa tersebut terbilang sukses lantaran antusiasme masyarakat yang membludak dan mendukung penuh tradisi tahunan tersebut.



Hendra Tri Budi Santoso selaku ketua panitia ketika ditemui mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rangkaian demi memeriahkan gelaran sedekah bumi. Pertama, acara diisi dengan lantunan Sholawat dan Do'a bersama.


Kemudian,  keesokan harinya acara dilanjutkan dengan kirab budaya yang merupakan kolaborasi seni dan kearifan lokal. Pada kegiatan itu, warga membawa hasil bumi dan pawai budaya yang menampilkan berbagai macam kesenian. Mereka melakukan pawai mengelilingi wilayah dusun. Penampilan peserta dengan dandanan uniknya ternyata mampu menyedot perhatian pengguna jalan. Bahkan,Tak sedikit pengguna jalan mengabadikan moment tersebut di kamera smartphonenya.




Setelah itu, malam harinya warga disuguhkan dengan pagelaran wayang kulit sebagai puncak acara yang juga dihadiri wakil ketua DPRD Gresik Mujid Riduan. Pada kesempatan itu, Mujid mengatakan bahwa kegiatan sedekah bumi harus tetap dilestarikan karena ini merupakan tradisi leluhur. Ia juga mensosialisasikan program UHC kepada warga yang mana jika ada warga yang ber KTP Gresik sakit tinggal membawa KTP tersebut puskesmas terdekat atau rumah sakit yang bekerja sama dengan pemkab Gresik tanpa dipungut biaya sepeserpun.



Sedangkan Hendra mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Dusun Bringkang atas segala partisipasi dan dukungannya sehingga acara sedekah bumi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Ketua panitia sekaligus Sekdes Bringkang tersebut berharap semoga tahun depan tradisi sedekah bumi ini lebih meriah lagi.



Sementara itu Kades Bringkang Khusnul Hadi dalam sambutannya mengucapkan ribuan terimakasih atas terselenggaranya sedekah bumi.



“Dengan sedekah bumi ini semoga warga Dusun Bringkang selalu mendapatkan rahmat dan juga selalu dalam perlindungan Allah SWT, dijauhkan dari segala bala’ dan semoga Warga Dusun Bringkang guyup, rukun dan bisa selalu bersama sama untuk membangun Dusun Bringkang ini agar bisa menjadi lebih baik. Ujarnya. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads