Breaking

Post Top Ad

12/28/2023

Harga Sapi Menurun, Imbas Pembeli Berkurang

Situbondo, pojokpudak.com


Jelang tahun baru 2024 harga Sapi di Kabupaten Situbondo, menurun dari tahun sebelumnya. Itu disebabkan karena pembeli Sapi berkurang dibanding dengan yang menjualnya. 


Hal ini disampaikan seorang pedagang Sapi asal Kecamatan Kendit, kepada Pojok Kiri saat ditemui di Pasar Hewan Sabtu-an Situbondo. Sabtu (23/12/2023). 


" Haraga Sapi Limousin umur 3 tahun itu saat ini sekitar Rp. 9.500.000, kalau tahun sebelumnya bisa mencapai belasan juta rupiah. Sekarang menurun karena pembelinya berkurang, "ujarnya.


Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa para petani yang ada di daerah jarang membeli Sapi, namun mereka malah banyak yang menjual Sapinya. 


" Petani banyak yang menjual, tapi sedikit yang membelinya. Sehingga Sapi banyak di pasar, utamanya Sapi jenis lemousin, "terangnya.


Diketahui Sapi Limousin,  merupakan Sapi yang banyak dicari oleh masyarakat dibandingkan jenis Sapi lainnya. Selain memiliki bulu berwarna merah keemasan, warna tanduknya berwarna terang. Ukuran tubuhnya sangat besar dan panjang, dengan dada berukuran besar. Pada tubuhnya tampak otot-otot berdaging tebal yang terlihat kekar. Alasan itulah Sapi tersebut menjadi incaran para pecinta Sapi dibandingkan jenis Sapi lainya. Di Pasar Hewan Situbondo, yang dikenal dengan Pasar Hewan Sabtu-an. Selain Sapi, juga banyak hewan ternak yang diperjual belikan, seperti Kam bing dan hewan ternak lainnya. 


Dinamakan Pasar Hewan Sabtu-an karena pasar tersebut hanya buka pada setiap hari Sabtu. Meski harga Sapi menurun, transaksi jual beli hewan ternak berjalan dengan lancar. Para pedagang dan pembeli berdatangan dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar Kabupaten Situbondo.  Masyarakat setempat juga  memanfaatkan adanya Pasar Hewan tersebut, mereka ada yang berjualan makanan, minuman, nasi, kopi dan jenis makanan halal lainnya. Pedagang di Pasar Hewan Sabtu-an, bukan hanya menjual belikan ternak. Alat kebutuhan sehari-hari, kebutuhan ternak dan lainnya juga tersedia di Pasar Hewan yang berada di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo. (Inul/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads