Breaking

Post Top Ad

2/06/2024

Lulus, 313 Peserta SOTH di Kecamatan Driyorejo Ikuti Wisuda

Gresik, pojokpudak.com


Sebanyak 313 orang tua dari 16 desa yang ada di Kecamatan Driyorejo, berhasil menyelesaikan program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan saat ini mengikuti prosesi wisuda angkatan ke-1 tahun 2023, Selasa (6/2/2024).



tujuan kegiatan wisuda orang tua hebat itu untuk mengukuhkan secara resmi para peserta yang telah mengikuti SOTH dari Pertemuan awal hingga Pertemuan ke-8.


Wisuda yang berlangsung di Aula Sasana Among Krida UPT SMPN 8 Gresik itu turut dihadiri Ketua PKK Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB,PP,PA) Camat Driyorejo, ketua PKK Kec. Driyorejo serta Kepala Desa se-Kecamatan Driyorejo.



Ketika ditemui, Kepala Dinas KBPP dan PA dr. Titik Ernawati mengucapkan selamat kepada wisudawati angkatan pertama di Kecamatan Driyorejo. Kegiatan semacam ini akan terus berkelanjutan dalam menjalankan SOTH dengan siswa baru agar di seluruh desa membentuk keluarga yang sejahtera dalam hal ini ketahanan keluarga yang pada akhirnya akan membentuk generasi yang berkualitas dan bebas stunting.


Ia juga menanggapi tentang anka stunting kecamatan Driyorejo masih tinggi. dr. Titik menjelaskan, di kabupaten Gresik ini memang ada lokus atau lokasi khusus untuk stunting dan Kecamatan Driyorejo salah satunya. Penanganan stunting di lokus itu sangat berbeda karena dalam lokus tersebut sudah diatur dalam SK Bupati dan perlu kerjasama dengan lintas OPD dan pihak terkait untuk menurunkan lokus tersebut.


" Paling banyak di Driyorejo faktornya ialah kemiskinan ekstrim, pola asuh dan pola asuh ini pencegahannya melalui SOTH,


Kalau kemiskinan ekstrim kita bekerja sama dengan lintas OPD terkait termasuk Dinas Cipta Karya, Dinas Sosial dan Dinas lainnya," ujarnya.


Tahun 2021 kita mendapatkan tugas berat yaitu angka stunting sebesar 23 persen. Tahun 2022 berhasil menurunkan sebesar 10, 7 persen dan tahun ini memang belum ada pengumumam secara resmi tapi kita optimis di tahun 2023 pasti turun karena di aplikasi dan data kita itu turun sekitar 9 persen dan 2024 ini kita yakin akan turun terus", tambahnya.


Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada para wisudawati, ia berharap SOTH ini bermanfaat, mendapat ilmu yang barokah dan bisa diamalkan untuk menurunkan angka stunting sehingga mencetak generasi penerus bangsa yang  berkarakter.


Selain itu, ia berharap pada prosesi wisuda selanjutnya ada bapak-bapak yang ikut diwisuda. Dia juga meminta untuk pemerintah desa kalau ada yang belum mengalokasi anggaran dana desa untuk program penurunan stunting segera dianggarkan karena sebagian anggaran dana desa bisa dialokasikan untuk program penurunan angka stunting. (Rof/Gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads