Breaking

Post Top Ad

3/19/2024

Pelaksanaan TMMD Ke - 119 Kodim 0817/Gresik, Wujud Kepedulian Tentara Di Tengah- Tengah Masyarakat

                        


                         Oleh :

             Dandim 0817/Gresik

Letkol Inf. Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos



Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 Kodim 0817 Gresik Tahun 2024 ini di laksanakan di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Untuk meningkatkan sarana dan prasarana desa, kualitas hidup dan perekonomian, memudahkan akses masyarakat pada sarana dan prasarana yang terbangun. 


Dengan semangat gotong royong, para anggota Satgas TMMD bergotong royong sejak pagi hari dalam proses pavingisasi. Mereka dengan teliti merapikan kondisi jalan, menambahkan pasir sebagai dasar agar permukaan jalan menjadi lebih merata. Selain itu, mereka juga melaksanakan penambahan cor beton di bahu jalan untuk memastikan pemasangan paving berjalan dengan sempurna.


"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat desa. Dengan perbaikan infrastruktur jalan, diharapkan dapat memperlancar aktivitas ekonomi dan sosial di Desa Sembung serta meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat," ujar Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar selaku Dansatgas TMMD Kodim 0817/Gresik.


Pembangunan infrastruktur jalan pedesaan ini juga direspon positif oleh warga setempat. Mereka mengapresiasi upaya Satgas TMMD dalam memperhatikan kebutuhan infrastruktur dasar di wilayah mereka.


Kegiatan pavingisasi ini merupakan langkah konkret Satgas TMMD dalam mendukung pembangunan di pedesaan, yang tidak hanya terfokus pada aspek fisik, tetapi juga berdampak positif pada kesejahteraan dan kemajuan desa.


Bupati Gresik Terbantu Dengan TMMD


Menurutnya, pembangunan daerah berawal dari desa ke kota. Maka desa menjadi kunci dalam membangun sebuah negara. Maka hal ini akan sulit terwujud apabila kesejahteraan masyarakat desa kurang diperhatikan.


"Pembangunan di daerah kita akan terwujud melalui pemerataan pembangunan di desa-desa. Kuncinya adalah gotong royong dari semua unsur. Tidak hanya TNI saja, melainkan juga Polri, pemerintah daerah dan masyarakat," ujar Bupati Gresik


Terlebih keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI merupakan salah satu pilar tetap tegaknya NKRI untuk mengatasi permasalahan bangsa. Seperti kemiskinan, pengangguran dan bencana alam.


Dalam acara yang sama, Komandan Kodim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar berharap agar program TMMD dapat bermanfaat untuk masyarakat. Dia juga tetap berkomitmen untuk meningkatkan program TMMD yang akan datang.


“Semoga dengan pelaksanaan TMMD, Dapat membantu mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di segala sektor perdesaan. Sehingga infrastruktur yang telah dibangun dapat digunakan dan dirawat dengan baik agar dapat bermanfaat dalam jangka waktu panjang.”tuturnya.


Haru Lansia Warga Desa Sembung Rumahnya Bocor langsung Dibedah


Lilik (60) tak menyangka rumahnya yang sudah tua akhirnya dibedah oleh tentara. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 wilayah teritorial Kodim 0817/Gresik, merehab rumah tua dalam program RTLH yang ditempatinya.


Warga Dusun Juwet, Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik, tinggal di rumah tidak layak huni tersebut. Dansatgas TMMD Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar mengerahkan tim satuan tugas memulai proses pembongkaran. Setiap sudut bangunan tua tersebut dibuka lantaran sudah tak layak pakai. 


Rumahnya mendapatkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119, yang di laksanakan oleh Kodim 0817/Gresik. 


"Rasa haru, senang dan bahagia semua. Alhamdulillah Yaa Allah bersyukur, senang sekali saya mendapatkan program TMMD ini. Terimakasih banyak bapak-bapak tentara, rumah saya jadi dibongkar," ujar Lilik, Minggu (10/3/2024).


"Terus terang awalnya saya tidak menyangka, kalau mendapat bantuan dari bapak tentara. Tak henti-hentinya saya mengucapkan rasa terimakasih kepada bapak tentara. Dimana semula rumah saya yang dulunya bocor semua akan direhab menjadi rumah yang layak huni dan pastinya tidak bocor lagi," ujarnya lagi.


Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Satgas yang telah memilih kediamannya sebagai target perehaban  RTLH program TMMD ke-119 tahun 2024 di wilayah Kodim 0817/Gresik.

 

“Terima kasih Bapak-bapak Tentara, saya sangat bersyukur dan terima kasih atas kebaikannya. Rumah saya yang sudah sangat memprihatinkan ini akhirnya dapat bantuan perubahan dan perbaikan, semoga Allah SWT yang membalas kebaikan bapak sekalian,” ungkap Lilik.

 

Melihat warganya mendapat bantuan bedah rumah tersebut, Deny Erikawati selaku Kepala Desa (Kades) Sembung mengaku senang sekali dengan adanya TMMD.


Menurut Deny Erikawati, pelaksanaan TMMD sangat luar biasa, karena membangun Desa dan membantu masyarakat. Selain itu, dalam program ini kita bisa melihat TNI manunggal dengan rakyat dimana dalam pelaksanaannya begitu antusias masyarakat bau membau bersama bapak bapak Tentara. 


"Ternyata tidak hanya selogan dari TNI, yang biasanya TNI milik masyarakat. Tapi benar benar hari ini kita bisa melihat dengan mata kepala sendiri, bahwa TNI itu benar benar milik masyarakat. Dalam kegiatan bersama, bergotong royong mengangkat batu, dimana pekerjaan pekerjaan keras yang di kerjakan oleh bapak bapak TNI itu mau melakukannya. Jadi, melihat itu saya sangat bangga memiliki TNI dan kami selaku Kades Sembung mengucapkan terima kasih, atas kebaikan bapak-bapak Tentara,” tambahnya. 


Ditempat terpisah Dansatgas Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar sekaligus Dandim 0817/Gresik menuturkan, dengan adanya TMMD respon masyarakat sangat antusias dan senang.


Adanya bantuan dari TNI AD, yang mana bersama kepala desa dan masyarakat bahu-membahu membantu memberikan support serta respon positif.


Dansatgas juga menyampaikan, untuk saat ini Kodim 0817/Gresik sedang melaksanakan TMMD ke 119, yang mana TMMD tersebut adalah merupakan suatu program TNI AD. Sesuai petunjuk dari KSAD, semua harus membantu dalam percepatan pembangunan di daerahnya masing masing. 


Lebih lanjut, khusus di daerah Kabupaten Gresik ini kita melaksanakan TMMD tersebut di Desa Sembung Kecamatan Wringinanom. Ada beberapa sasaran, baik itu sasaran pokok atau prioritas dan juga tambahan, diantara membangun jalan pavingisasi, Pasar Desa, Tembok Penahan Tanah (TPT), drainase.


Untuk kegiatan tambahannya seperti rehab RTLH, tempat Ibadah masjid, dan juga dimana TNI menyatu dengan alam dengan melakukan penghijauan penanaman pohon, dan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).


Sejauh ini menurut Dansatgas, terpenting tujuan kegiatan ini adalah keberadaan TNI ini benar benar bisa memberikan solusi buat daerah atau Desa guna membantu percepatan pembangunan.


"Untuk diketahui, kegiatan TMMD kita kerjakan semua selama satu bulan, sesuai instruksi Bapak KSAD yang terhitung tanggal 20 Februari - 20 Maret 2024. Dan sejauh ini semua kegiatan sudah berlangsung dan tinggal beberapa persen lagi semua sasaran, khususnya di Desa Sembung bisa terselesaikan dengan lancar," tutupnya.


Respon Positif Langsung Dirasakan Warga Sembung


Warga yang berada di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom, Gresik merasakan dampak positif TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0817/Gresik. Sejumlah kebutuhan warga akan prasarana dibangun langsung oleh Kodim 0817/Gresik.


Seperti paving jalan lingkungan, drainase, plengsengan, kemudian membuat dua unit stand kios, tempat pengolahan sampah terpadu, rumah tinggal layak huni, rehabilitasi masjid, ada empat Musholla direhab dan penanaman pohon.


Kodim 0817/Gresik melaksanakan TMMD ke 119 merupakan suatu program TNI AD. Sesuai petunjuk dari KSAD, prajurit harus membantu dalam percepatan pembangunan di daerahnya masing-masing.


Khusus di daerah Kabupaten Gresik ini kita melaksanakan TMMD tersebut di Desa Sembung Kecamatan Wringinanom. Ada beberapa sasaran, baik itu sasaran pokok atau prioritas dan juga tambahan.


Muhammad Burhanudin warga Dusun Puting RT 01 RW 02 Desa Sembung Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik menyampaikan bahwa kegiatan TMMD di Desa Sembung sangat bermanfaat bagi warga sekitar.


"Dengan adanya TMMD masyarakat terbantu untuk mewujudkan langkah- langkah yang positif bagi warga sekitar," ujarnya.


Hal yang sama disampaikan oleh Bayu menyampaikan dengan adanya kegiatan TMMD di Desa Sembung khususnya pembangunan jalan dan paving di Desa Sembung, sangat bermanfaat dan positif bagi masyarakat sekitar.


"Sekarang jalannya enak dibuat berkendara baik sepeda motor atau mobil oleh karena itu masyarakat Desa Sembung sangat berterimakasih kepada bapak TNI yang sudah membantu masyarakat sekitar, terimakasih bapak TNI," kata Bayu.


Dansatgas Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar sekaligus Dandim 0817/Gresik menuturkan, dengan adanya TMMD mendapat respon positif dari masyarakat, warga sangat antusias dan senang karena adanya bantuan dari TNI AD.


Sejauh ini menurut Dansatgas, terpenting tujuan kegiatan ini adalah keberadaan TNI ini benar-benar bisa memberikan solusi untuk masyarakat di daerah atau desa-desa guna membantu percepatan pembangunan.


Sasaran Fisik dan Non Fisik

TMMD di Desa Sembung Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik ada beberapa sasaran, baik itu sasaran pokok atau prioritas dan juga tambahan, diantara membangun jalan pavingisasi, Pasar Desa, Tembok Penahan Tanah (TPT), drainase.


Untuk kegiatan tambahannya seperti rehab RTLH, tempat Ibadah masjid, dan juga dimana TNI menyatu dengan alam dengan melakukan penghijauan penanaman pohon, dan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu.

Dampak Positif Dari Program TMMD

1. Pavingisasi Jalan Desa

Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 119 Kodim 0817/Gresik yang diselenggarakan di Desa Sembung Kecamatan Wringinanom telah membangun jalan dengan menggunakan paving. Dalam pelaksanaannya pavingisasi jalan pada Desa Sembung dikerjakan selama 30 hari. Bekerjasama dengan masyarakat pembangunan pavingisasi bisa cepat dan optimal. 

2. Pembangunan Kios UMKM

Pembangunan kios yang dikerjakan Satgas TMMD sudah berdiri dan memasuki tahap finishing. pembangunan ini bisa di bilang cepat, dari mulai TMMD resmi dibuka kemudian pembagian sasaran, hingga kini pengerjaan kios mulai tahap penyelesaian. Pembangunan bisa cepat karena ada kerjasama yang baik bersama masyarakat. Dengan bersama sama membangun, pengerjaan menjadi lebih optimal sehingga kelihatan hasil yang dicapai. 

3. Lestarikan Lingkungan Tanam Pohon Pule 

Kegiatan Reboisasi Penanaman Pohon Pule dilakukan oleh Anggota Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0817/Gresik di sepanjang jalan pedesaan. Hal ini selaras dengan program pemerintah yakni penghijauan lingkungan agar menciptakan lingkungan yang sehat di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom, Gresik. Direncanakan, sebanyak 200 pohon pule akan ditanam di sepanjang ruas jalan pedesaan. 

4. Plengsengan 

Fungsi pembuatan plengsengan selain untuk pembatas jalan juga sebagai drainase/saluran air. Jadi pertama di lakukan penggalian dan setelah proses pembuatan pembatas jalan kemudian dilanjutkan dengan pembangunan drainase/saluran air.

5. Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah 

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terus memberikan perubahan pada percepatan pembangunan infrastruktur Desa. Terkait dengan itu, pada program TMMD ke 119 selain melaksanakan pembangunan fisik yang bersifat pokok juga melaksanakan pembangunan tambahan, diantaranya membangun pembuangan tempat pengolahan sampah di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Pembangunan di wilayah Desa Sembung sangatlah bermanfaat. Selain sebagai tempat penampungan sampah untuk masyarakat, juga mempunyai fungsi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Karena dengan adanya tempat pengolahan sampah dapat dikumpulkan pada suatu tempat.

6. Rumah Tidak Layak Huni langsung Direhab

Setelah sasaran pokok terpenuhi, sekarang yang sudah berjalan sasaran tambahan juga mulai dikebut dalam pengerjaannya. Seperti pembangunan Rutilahu, dalam program tambahan TMMD di Desa Sembung, Satgas telah merehab dan membangun tiga unit rumah tidak layak huni milik warga dan hingga sekarang sudah selesai pengerjaannya. Program TMMD menjalin keharmonisan sehingga terwujud sinergitas bersama semuanya pihak terkait untuk membangun wilayah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

7. Rehab Tempat Ibadah

Perehaban tempat ibadah Musholla semua proses pengerjaan perehaban Musholla tetap melibatkan masyarakat sekitar, bekerjasama dengan baik sehingga pekerjaan bisa cepat dan dengan hasil yang optimal.

8. Drainase Desa 

Pembangunan Drainase dirasakan oleh warga di wilayah tersebut, lantaran kondisi jalan yang dilalui saat ini bisa rawan mengalami kerusakan dikarenakan genangan air yang terjadi saat hujan tetap menggenang di badan jalan tidak dapat tersalurkan dengan baik. Pembangunan saluran drainase disambut baik oleh masyarakat karena memberikan banyak manfaat. Dengan dibangunnya saluran drainase, aliran pembuangan air akan lancar, tidak akan ada genangan air baik yang berasal dari hujan maupun berasal dari air limbah rumah tangga. Pembangunan drainase mencegah kerusakan jalan dan juga mencegah ancaman penyakit yang disebabkan oleh genangan air dapat memicu perkembangan biakan nyamuk dan penyakit lainnya. (Dansatgas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads