Breaking

Post Top Ad

7/16/2018

PENYULUHAN WASBANG DAN BELA NEGARA SANGAT PENTING DI TMMD KE-102 GRESIK DALAM MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR DAN BANGSA.

Gresik, pojokpudak.com


Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 sebagai wujud kepedulian dan peran serta TNI dalam memberdayakan masyarakat dan Desa, hal ini tersaji bersama bukan hanya menitikberatkan pada kegiatan Pembangunan Fisik semata namun juga menyelenggarakan kegiatan Non Fisik yaitu berupa penyuluhan, sosialisasi dan ceramah.

Disela-sela kesibukan Satgas TMMD 102 yang masih berjalan pada hari ketujuh atau 1 Minggu ini, maka dalam hal ini pihak penyelenggara Program Terpadu TMMD di Wilayah Kodim 0817/Gresik yang diwakili langsung oleh Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf. Karmu menggelar penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara kepada warga masyarakat Desa Ngampel Kec. Balongpanggang-Gresik tepatnya bertempat di Kantor Balai Desa Ngampel.

Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang kuat sejak dimulai berdirinya Kerajaan Majapahit dengan kejayaan dan kesuksesannya dibawah komando armada perang yang sangat handal dan disegani di seluruh penjuru negeri dibawah pimpinan Mahapati Gajah Mada sehingga bisa menguasai Negara-Negara di Asia Tenggara dengan tujuan utamanya adalah ingin mempersatukan keanekaragaman suku, agama, budaya, bahasa.

Saat ini Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada diri anak bangsa cenderung mengalami kemunduran atau lebih tegas lagi hampir pudar dan longgar, ikatan nilai-nilai rasa dan paham kebangsaan yang berhasil mempersatukan bangsa ini makin turun. Oleh karena itu, sepatutnya kita kembali memantapkan nilai-nilai rasa, faham dan semangat kebangsaan dan bela negara yang mengendur itu. Demikian yang disampaikan Kapten Inf Karmu.

“ Wawasan Kebangsaan merupakan cara memandang dan kemampuan untuk memahami keberadaan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dengan tidak melupakan doktrin-doktrin dasar yaitu Pancasila maupun sumpah pemuda, karena fungsi itu merupakan pemersatu bangsa serta sikap patriotisme yang menentukan nasib bangsa ke depan, ”pungkasnya.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa pemahaman bersama tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini sangat penting sekali agar bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta menguatkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan yang berlandaskan moral dan etika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Dalam kenyataannya konsep kebangsaan itu telah dijadikan sebagai pedoman hidup, dasar negara, ideologi dan tujuan nasional yang terumus di dalam Pancasila.

Kegiatan Wasbang dan Bela Negara ini diikuti oleh seluruh perangkat Desa, Karang taruna, perwakilan warga dan Ibu-ibu PKK Desa Ngampel serta perwakilan anggota Kodim 0817/Gresik. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads