Breaking

Post Top Ad


10/06/2018

Malam Tasyakuran Sedekah Desa Tunggorono Penuh Kemeriahan

Jombang, pojokpudak.com



Sebagai wujud rasa syukur warga masyarakat Desa Tunggorono Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang menggelar kegiatan sedekah desa guna melestarikan adat budaya Jawa warisan leluhur, Sabtu ( 6/10/2018 ) Malam bertempat di lapangan Desa setempat.

Desa Tunggorono sendiri terbagi menjadi 5 Dusun yaitu Dusun Dayu , Tunggorono, Gabus, Tunggul dan Dusun Karang Kletak, di dalam menyemarakan serta mensukseskan kegiatan sedekah desa telihat guyup rukun dalam satu kebersamaan yang kuat.


Sementara itu Kepala Desa Tunggorono Emi Suwandi saat di temui disela-sela kegiatan mengatakan," Kegiatan sedekah desa ini adalah acara rutinan yang di adakan warga masyarakat Desa Tunggorono setiap tahun dengan anggaran yang di dapatkan dari swadaya warga dan dari beberapa simpatisan." Ucapnya.

" Tujuan kegiatan sedekah desa ini adalah melestarikan budaya warisan leluhur kita dan diharapkan kegiatan ini dapat menjadikan salah satu wadah silahturahmi sesama warga masyarakat Desa Tunggorono dan kedepannya nanti kegiatan seperti ini dapat di jadikan destinasi wisata, apalagi besuk (minggu 7/10/2018) warga masyarakat Desa Tunggorono menggadakan kirap gunungan serta pawai budaya sebagai puncak kegiatan sedekah desa." Tambah Emi.


Ditempat yang sama Ketua Panitia Supriyanto menjelaskan," Untuk sedekah desa pada tahun ini berbeda dari pada tahun tahun yang sebelumnya, tahun ini panitia mengadakan beberapa kegiatan didalam menyemarakan sedekah desa,"Paparnnya.

"Sebagai awal kegiatan panitia mengadakan beberapa perlombaan di antaranya turnamen catur dilanjutkan dengan acara hiburan kesenian jawa timuran yaitu ludruk yang menarik lagi yang berperan dalam kesenian tersebut dari perangkat desa Tunggorono dan sebagai puncaknya kita akan adakan pawai budaya serta kirab gunungan hasil bumi dilanjutkan sebagai penutup kegiatan yaitu malam do'a bersama " Tambahnya. 

Anisa salah satu warga dan beberapa warga Desa Tunggorono saat ditemui media sangat senang, serta mengapreasi kegiatan sedekah desa ini dan antusias sekali dalam mengikuti serangkaian acara kegiatan yang di adakan oleh panitia. (Arya/Sul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads