Breaking

Post Top Ad


10/07/2018

Puluhan Gunungan Hasil Bumi Meriahkan Kirap budaya

Jombang, pojokpudak.com

Guna menghidupkan dan melestarikan kembali budaya leluhur warga masyarakat desa Tunggorono kecamatan Jombang menggelar acara kirap budaya sedekah desa. Minggu (7/10/2018) bertempat di lapangan desa .

Dalam pawai tersebut menampilkan beraneka ragam pakaian adat daerah yang ada di nusantara serta beberapa kesenian juga ikut serta memeriahkan acara tersebut.

Barisan paling depan adalah barisan dari pemerintah Desa Tunggorono Emi Suwandi dalam kirap tersebut mengenakan pakaian adat daerah.

Salah satu Panitia mengatakan," Tujuan di adakannya kegiatan sedekah desa ini merupakan wujud rasa syukur warga Desa Tunggorono, sekaligus melestarikan budaya warisan leluhur kita."Ucapnya.


"Selain uri uri budaya jawa kirab budaya ini merupakan salah satu bentuk gambaran bahwasanya di negara kita ini banyak beraneka ragam budaya serta pakaian adat walaupun berbeda tapi tetap satu Indonesia.

Dengan harapan acara pawai dan kirab gunungan ini dapat dijadikan salah satu ajang pemersatu warga masyarakat agar tetap guyup rukun dalam kebersamaan demi terciptanya Desa Tunggorono yang maju dan berdaya saing ." Tambahnya.

Anifah salah satu peserta pawai budaya sangat senang dengan di adakan kegiatan seperti ini karena sebelumnya belum pernah semeriah tahun ini dalam acara sedekah desa."Tuturnya.


Yang menarik dalam kegiatan ini adalah bentuk kebersamaanya warga desa Tunggorono tua muda semua ikut dalam pawai tersebut. (Arya /Sul)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads