Breaking

Post Top Ad

11/23/2018

Berburu Rame-rame Sehari 500 Tikus Terkapar

Gresik, pojokpudak.com

Pemerintahan Desa Tanahlandean Kecamatan Balongpanggang, Gresik yang dipromotori oleh Kepala Desa Subroto dan Sekretaris Desa (Sekdes) Esdi bersama petani dan pemuda. Jumat (23/11/2018) Malam serentak berburu tikus diareal persawahan Desa setempat.


Perburuan tikus yang menjadi hama perusak tanaman padi itu dipandu oleh Kades dan Sekdes, sekaligus membekali para pemburu dengan Cangkul, Linggis, kayu berukuran 50cm, obor dan LPG.



Sementar itu Esdi menceritakan,"
Kegiatan yang melibatkan petani dan pemuda itu dilakukan dengan mencari lubang sarang tikus, kemudian dirusak ramai-ramai, dengan perlahan tikus keluar dari celah tanah ataupun lubang tikus dan kemudian tikus-tikus yang berada didalam lubang keluar dengan keadaan lemas, sehingga 500 tikus dengan mudah dapat ditangkap.


Esdi mengharapkan kegiatan itu dapat mengurangi populasi tikus dan akan lebih meningkatkan hasil panen petani. Katanya.


Perburuan tikus itu sengaja kami awali, setidaknya kedepannya sehabis Sholat Magrib warga sini akan berburu tikus lagi, menginggat tikus-tikus tadi banyak yang belum ketangkap.


Untuk itu kami berharap Pemkab Gresik melalui Dinas Pertanian setempat agar mengang­garkan kegiatan tersebut setiap tahunnya agar swasembada pangan tetap terjaga. Tambahnya.

Sementara itu ditempat terpisah Sekretaris Kecamatan Balongpanggang H. Sayib mengatakan," Hal seperti itu baik dan perlu ada dukungan Desa atau Desa yang lain, sehingga populasi tikus bisa di tekan, kalau cuma satu desa dampaknya kurang, harus di ikuti seluruh Desa yang dekat dengan Desa Tanahlandean. Pungkasnya. (Dyo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads