Breaking

Post Top Ad

2/19/2019

Ekskul Berbuah Hasil, Siswa Spensaba Borong Juara Bidang Pramuka

Gresik, pojokkiri.com

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Balongpanggang, Gresik memang gudangnya siswa berprestasi. 


Sepertinya predikat itulah yang pas ditujukan kepada lembaga yang akrab disebut Spensaba ini. 


Bagaimana tidak, baru saja tim futsal Spensaba meraih juara 1 Allievo Futsal Champion, kini sekolah itu kembali menambah koleksi perolehan prestasi. 


Prestasi membanggakan itu diraih oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstra kulikuler Pramuka yang diadakan Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Gresik, Minggu (17/02).


Dalam perlombaan itu, kerja keras siswa membuahkan hasil, mereka menyabet Juara 1 Pionering Pangkalan 1, Juara 2 Pionering Pangkalan 2, juara 1 PBB Variasi, Juara 1 Smaphore Dance dan juara umum. 


Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah SMPN 1 Balongpanggang Achwan Hariyanto Merasa bersyukur anak - anak mampu mengembangkan aktifitas dan inovasinya di kegiatan pramuka. 


Menurutnya, pramuka merupakan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan akademik dan ekskul.  


"Semboyan pramuka itu kan belajar dan bermain untuk membentuk kader bangsa dan generasi kreatif, disiplin dan mandiri," Ungkapnya.


Achwan menambahkan,"bahwa dengan lomba pionering dapat membangkitkan inovasi dan kreatifitas, sedangkan lomba PBB bervariasi dapat meningkatkan disiplin mandiri dan kreatif siswa,"


Pionering sendiri adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, tujuannya ialah memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan peserta dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan. 


Banyak manfaat yang dihasilkan melalui program pionering ini, diantaranya ialah memupuk rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar peserta, 


Dapat diterapkan pada saat situasi genting maupun Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Memproyeksi pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya (bukan model). 


Sedangkan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yaitu sebuah aturan tentang tata cara melakukan gerakan dalam baris berbaris. 


Selain PBB, dalam kepaskibraan juga terdapat gerakan variasi dan formasi, gerakan variasi adalah gerakan yang secara bebas dilakukan sesuai dengan kreasi pembuatnya, gerakan ini biasanya dibuat dengan memperhatikan tempo, hitungan, kekompakan, serta kreatifitas lainnya dan gerakan formasi paskibra adalah sebuah gerakan yang membentuk suatu bentuk, tertentu sesuai dengan kreatifitas pembuatnya. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads