Breaking

Post Top Ad


7/22/2019

Danramil Pimpin Upacara dan Sampaikan Wawasan Kebangsaan ke Siswa SMPN 1 Balongpanggang

Gresik, pojokpudak.com

Pemandangan berbeda nampak pada upacara bendera yang dilakukan di SMPN 1 Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Senin (22/7/3019) Pagi.


Upacara yang pada umumnya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah masing-masing, tampak berbeda dengan kehadiran Komandan Koramil (Danramil) 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf M. Zainudin, SH, sebagai Inspektur Upacara (Irup).


Kehadiran Kapten Inf M. Zainudin , SH sebagai Irup upacara bendera di SMPN 1 Balongpanggang ini, tiada lain untuk memberikan wawasan kebangsaan pada siswa siswi SMPN 1 Balongpanggang sebanyak 768 siswa.


Sebab, jiwa nasionalisme dan patriotisme harus ditanamkan sejak dini. Terutama pada generasi muda saat ini, wawasan kebangsaan diperlukan untuk memfilter dari segala jenis kebudayaan yang masuk di Indonesia.


Materi itu diberikan Danramil, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera di SMPN 1 Balongpanggang, yang diikuti oleh Pelda Irwanto, Serka Syahrul, Serda Arifin, Kepala Sekolah H. Achwan Hariyanto, S.Pd., M.Pd yang di Wakili Wakil Kepala Sekolah Tas'an Fanani, S.Pd, beserta seluruh guru dan tenaga pendidik serta seluruh siswa siswi SMPN 1 Balongpanggang setempat.


Dalam sambutannya dihadapan para siswa, ia memberikan himbauan kepada para siswa siswi agar mempunyai jiwa patriotisme dan semangat Bela negara yang tinggi.


Kapten Inf M. Zainudin,SH  juga menghimbau generasi muda, agar mampu memiliki kepribadian Pancasila.


Selesai upacara, Danramil berkesempatan untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di aula sekolah yang diikuti seluruh siswa.


Materi wawasan kebangsaan sangat perlu disosialisasikan kepada generasi muda untuk meningkatkan kecintaan dan bela negara untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut Danramil memberikan Materi Wasbang 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI) serta cinta tanah air dan menghindari perilaku buruk dari pengaruh luar.


Sehingga generasi muda nantinya akan mampu berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.


“Harapan saya hal-hal negatif tidak terjadi atau pun tidak ditiru oleh murid-murid di SMPN ini, Jangan terpengaruh dari bahaya narkoba, mimum minuman keras oplosan, dan kriminal, serta perkelaian antar siswa atau pelajar,” pesannya.


Danramil juga menyampaikan kepada seluruh peserta siswa agar menjaga nama baik almamater khususnya SMPN 1 Balongpanggang.


“Siswa wajib menjaga keamanan, ketertiban serta menjaga kebhinekaan dan kerukunan antar sesama,” ungkapnya.


Kapten Inf M. Zainudin, SH juga menghimbau kepada para siswa-siswi agar tidak sekali-sekali salah dalam pergaulan apalagi sampai mencoba narkoba.


“Disini saya tegaskan kepada seluruh siswa untuk menjauhi narkoba dan jangan sekali kali mencobanya,” tegasnya.


“Terima kasih atas kesediaan Danramil dan anggota Koramil 0817/09 Balongpanggang yang telah  meluangkan waktu untuk menjadi inspektur upacara serta memberikan materi bela negara dan wawasan kebangsaan di sekolah kami sebagai bekal dan motivasi siswa-siswi,”


Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan, agar anak-anak didik termotivasi dan semakin giat dalam melanjutkan belajar,” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Balongpanggang Achwan Hariyanto, S.Pd., M.Pd. (Eta/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads