Breaking

Post Top Ad


8/31/2019

PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA PANGGKALAN SMK PGRI 1 GRESIK & PENGUKUHAN ANGGOTA SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0817/GRESIK

Gresik, pojokpudak.com

Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S. Sos selaku Ka Mabi Saka Wira Kartika diberi amanah Kamabigus Pangkalan SMK PGRI 1 Gresik untuk melantik adik – adik menjadi Pramuka Penegak Bantara, sebanyak 685 Orang seluruh calon Pramuka Penegak Bantara bersama – sama menjawab Siap Sanggup untuk menepati, menjalankan, dan mengamalkan Tri Satya dan Tri Darma Pramuka Sehari – hari, selanjutnya sambil memegang bendera merah putih di saksikan sang saka Merah Putih calon Pramuka Penegak Bantara bersama – sama menirukan janji dan Tri Satya yang pembina upacara Ucapkan, Setelah  prosesi tanya jawab serta penggambilan sumpah dan Janji kemudian pembina upacara menyematkan tanda penegak Bantara dan pemasangan bedge Saka Wira Kartika  dan penyiraman air suci.


Rangakain upacara tersebut merupakan prosesi pelantikan Pramuka Penegak Bantara Gugus Depan 09065 09066 panggkalan SMK PGRI 1 Gresik dan pengukuhan anggota baru Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik bertempat di Lapangan Kodim 0817/Gresik JL. R.A. Kartini No. 33 Gresik, Sabtu, pagi (31/8/19)


Suasana bahagia campur haru terlihat di wajah wali murid SMK PGRI 1 Gresik, Sebelumnya Semenjak Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa SMK PGRI 1 Gresik itu sudah mendapatkan latihan dasar kedisiplinan dan Karakter serta materi Waswasan Kebangsaan dari TNI Kodim 0817/Gresik, para siswa dilantik langsung oleh Dandim, Perwakilan siswa diguyur dengan air kembang. Selain itu, Penegak Bantara itu juga melakukan prosesi ambalan Ir Soekarno dan Ibu Fatmawati yang disaksikan langsung ratusan wali murid yang hadir.


Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas amanah, dipercaya yang diberikan kepada Kodim 0817/Gresik untuk turut serta membina, mendidik, membangun, khususnya karakter Sifat agar siswa - siswa SMK PGRI 1 Gresik memiliki jiwa Nasionalise dan semangat NKRI. Menurutnya, pendidikan lewat pramuka ini sangat penting. “Terutama mental, karakter, loyalitas, serta menanamkan jiwa nasionalis dan semangat NKRI sejak usia sekolah ini memang harus,” ucapnya.


Perwira dengan dua melati di pundak itu dalam sambutannya berharap, tingkatakan intensitas dan kwalitas gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda, untuk mendukung nasib bangsa di masa mendatang,  sebuah keberuntungan bagi siswa yang telah bergabung dengan Pramuka Gugus Depan 09065 09066 panggkalan SMK PGRI 1 Gresik dan anggota baru Saka Wira Kartika Kodim 0817/Gresik. Sebab, di jajaran Kodam V Brawijaya merupakan SMK pertama yang bersedia dijadikan pangkalan Saka Wira Kartika ini hanya SMK PGRI 1 Gresik saja yang ada dan bisa di jadikan contoh untuk SMU, SMK, MA lainya di Gresik. “Kami harap setelah pembinaan dan pelantikan ini siswa memiliki landasan berpikir yang kuat serta moral yang diharapkan orang tua dan guru,” ungkapnya.




Sementara, Kepala SMK PGRI 1 Gresik Arif Susanto mengatakan, kerjasama dengan Kodim 0817 Gresik ini sudah berlangsung 5 tahun. Begitu siswa masuk, mereka akan mendapatkan pembinaan dari Kodim 0817/Gresik lewat pramuka. “Ini dari pusat ada intruksi pendidikan ketarunaan. Siswa kami sudah 100 persen mengikuti pembinaan ini,” ujarnya.


Pihaknya berharap, kerjasama ini akan terus belanjut. Mengingat, karakter yang bagus harus dimiliki generasi penerus bangsa. “Kami sampaikan kepada wali murid dan mereka tampak senang dan bangga,” pungkasnya. (Eta/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads