Breaking

Post Top Ad


9/15/2019

Kapten Kav Gatot S, Hadiri Sedekah Bumi Desa Segoromadu

Gresik, pojokpudak.com


Upacara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat jawa, berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. 


Upacara ini biasanya ditandai dengan acara selamatan Desa yang diadakan di Balai Desa oleh masyarakat. 


Salah satu tradisi bersih desa tersebut, telah dilaksanakan di Balai Desa Segoromadu Kec. Kebomas Kab. Gresik, Minggu (15/9/2019).



Hadir dalam kegiatan Komandan Koramil 0817/07 Kapten Kav Gatot S, Kapolsek Kompol Mahmud, Sekcam Kebomas Zainul, dan Kepala Desa Segoromadu Eko Wahyudi.


Bagi warga Desa Segoromadu Upacara ini sudah berlangsung turun termurun dari nenek moyang.


Komandan Koramil 0817/07 Kapten Kav Gatot S menyampaikan ” Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat umumya pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang orang jawa jaman dahulu. 


Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berpotensi sebagai petani, berkebun yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais riski dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi” pungkasnya.



Kesemuanya adalah wujud nyata untuk mengucapkan rasa Syukur Kepada sang Pencipta atas semua kesejahteraan, keberkahan dan rejeki yang melimpah telah diberikan kepada warga Desa ini” ucapnya.


"Dalam acara bersih desa tersebut juga diisi dengan Santunan Anak yatim," Tambahnya. (*)

Penulis : Dethalia
Editing  : Dyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads