Breaking

Post Top Ad

9/11/2019

Wujud Syukur Dusun Sukorejo Desa Turirejo Gelar Sedekah Bumi Dengan Tumpeng Hias Super Jumbo

Gresik, pojokpudak.com


Untuk menggungkapkan rasa syukur atas nikmat yang ada, bisa di tunjukan dengan berbagai cara. Bagi masyarakat jawa yang masih kental dengan tradisi dan budayanya, mereka juga memililki cara tersendiri atas nikmat yang telah di berikan oleh Tuhan, salah satunya adalah Warga Dusun Sukorejo Desa Turirejo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Rabu (11/09/2019), Berlangsung menggelar sedekah bumi atau yang biasa di sebut dengan "Tegal Deso". Acara tradisi sedekah bumi ini, berlangsung di laksanakan kediaman Kepala Dusun Suwarno Desa Turirejo. 


Warga Dusun Sukorejo Desa Turirejo sangat antausias sekali dengan adanya sedekah bumi ini, sehingga membuat tumpeng hias raksasa super jumbo dari hasil bumi, maka tidak heran terlihat suasana tersebut meriah sekali.


Sedekah Bumi ini, dihadiri oleh Kepala Desa Surianto, Sekdes Sugeng, Ketua BPD, LKMD, Kepala Dusun Suwarno/ Ketua panitia sedekah bumi, Babinsa Desa Turirejo Sertu Sumardi, RT / RW, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.


Kegiatan Sedekah Bumi juga di isi diantaranya," Istigozah (doa), bersama, berserta hiburan wayang kulit Kidalang Hadiyono dari Jantitarik Kabupaten Sidoarjo.


Tampak diserangkaian acara tersebut pihak panitia sedekah bumi, juga menyediakan bermacam hadiah yang di undi dalam kupon diantaranya," 1 Buah Lemari Es / Kulkas, 3 Televisi, 4 Megic Com, 2 Kompor Gas, dan hadiah Doorprece lainnya.


Sedekah Bumi di Dusun Sukorejo Desa Turirejo ini berlangsung sangat meriah sekali, dan tidak seperti sedekah bumi  pada tahun - tahun sebelumnya.


Disamping itu, masyarakatnya selalu guyub dan rukun, bersatu padu, itu semua menandakan adanya kekompakan dan koordinasi yang baik antara Pemerintahan desa dan lembaga desa terlebih lagi dari unsur perangkat desa, dan seluruh elemen masyarakat baik dari tokoh masyarakat, maupun tokoh agama, semua terlihat begitu antausias mengikuti serangkaian acara tersebut.


Sementara itu Kepala Dusun Sukorejo Suwarno menggatakan," Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini kita laksanakan, karena tidak mengurangi rasa syukur kami kepada yang maha kuasa, disisi lain, kami juga ingin menguatkan rasa kebersamaan dan kerukunan di antara masyarakat, oleh karena itu sedekah bumi ini kami jadikan agenda tahunan, karena acara ini merupakan warisan leluhur yang perlu kita lestarikan, demi menjaga keutuhan dan kebersamaan di antara warga," Katanya.


Kepala Dusun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga,Dusun Sukorejo atas partisipasinya pada acara sedekah bumi ini,  mudah - mudahan rasa persatuan dan kesatuan seperti ini selalu terbina dan terjaga pada kehidupan sehari hari. Ujarnya


Selanjutnya Kepala Desa Turirejo Surianto dalam sambutannya," Dengan adanya sedekah bumi ini bertujuan untuk melestarikan adat istiadat masyarakat, disamping itu juga sebagai upaya mempererat silaturahmi dan ungkapan rasa syukur kepadanya, atas limpahan rezeki dari hasil bumi kepada masyarakat Dusun Sukorejo Desa Turirejo khususnya para petani.

Kedepan, Insya Allah akan lebih maju lagi, semoga nantiknya Dusun Sukorejo Desa Turejo selalu mendapatkan hidayah darinya, dan masyarakatnya selalu di berikan keselamatan, serta dijauhkan dari segala malapetaka, maupun musibah.

" Bagi para petani di berikan panen melimpah ruah, sehinga Dusun Sukorejo Desa Turirejo ini, menjadi Desa yang gemah ripah lohjinawi," Pungkasnya. (*)



Penulis : Nuratim
Editor    : Dyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads