Breaking

Post Top Ad

10/27/2019

Lestarikan Budaya Kelurahan Jeruk Gelar Bersih Desa dan Karnaval

Surabaya, pojokpudak.com

Ribuan warga RW 1 dan RW 2 Kelurahan Jeruk Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, menggelar bersih desa dan karnaval,  di halaman Kelurahan Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Minggu (27/11/2019) Pagi.


 
Bersih desa dan Karnaval (kirab budaya) ini merupakan wujud rasa syukur warga Kelurahan Jeruk atas berkat yang diberikanu Tuhan kepada masyarakat,


yang telah diperoleh selama setahun. Selain itu, sebagai permohonan keselamatan dan kesejahteraan untuk satu tahun mendatang.


Ritual bersih desa ini biasanya dilaksanakan setahun sekali, dalam waktu tertentu untuk menghormati leluhur. Tradisi ini sudah turun-temurun dari nenek moyang.


Kegiatan bersih desa menempuh jarak sekitar 1km. Star di halaman SMP Al-Hidayah dan Finis di halaman kantor kelurahan jeruk.


Sementara itu Lutfy Richma Meylia salah satu peserta mengatakan," Dalam bersih desa ini diikuti oleh RW 1 dan RW 2,

yang terdiri dari anak-anak, dewasa hingga orang tua yang ada di Kelurahan Jeruk.


Bersih desa ini turun temurun yang terus dilestarikan. Dengan bertujuan melestarikan budaya. Selain itu mensyukuri nikmat Allah SWT.


Kegiatan ini sebagai wujud syukur atas berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, Tradisi Bersih Desa diadakan rutin satu tahun sekali,” ungkapnya.


Masih kata Lutfy rangkaian ritual bersih desa dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari, dan malamnya dilanjutkan dengan kesenian Ludruk.


“Bersih desa merupakan warisan budaya yang wajib dipertahankan, melalui tradisi ini, toleransi dan kerukunan warga bisa terus dipupuk,"



Banyak kreasi yang disuguhkan oleh warga RW 1 dan RW diantaranya, Kuda terbang, Tikus raksasa, Tumpeng raksasa dan banyak lainnya.


" Untuk itu kami berharap kegiatan bersih desa bisa terus dilestarikan," Tambahnya.


Ditempat yang sama salah satu pengunjung Ook Andraeni menambahkan,


" Bahwa pentingnya menjaga tradisi dan keragaaman budaya. “ Tradisi Bersih Desa merupakan budaya yang positif yang perlu untuk di jaga dan dilestarikan.

Dengan digelarnya budaya ini, tentu menjadi wujud rasa syukur kepada Allah SWT

 yang telah melimpahkan segala nikmat yang kita rasakan setiap saat.


Dan tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri memiliki wilayah seperti Kelurahan Jeruk yang selalu eksis dalam menjaga keragaman budaya,”


“Dengan diadakan kegiatan Bersih Desa yang diwujudkan dengan acara

arak – arakan tumpeng menjadi sebuah simbul ucapan terima kasih atas anugrah Tuhan

 dengan segala kemurahan rezekinya. Mudah – mudahan dari kegiatan yang kita lakukan saat ini akan menjadi sebuan momentum untuk terus bersyukur pada sang pencipta," Tambahnya.  (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads