Breaking

Post Top Ad

10/29/2019

Pemkab Polewalimandar Kunjungi Desa Sambogunung Dukun, Belajar PHBS

Gresik, pojokpudak.com

Dinilai berhasil menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Wakil Bupati Polewalimandar Mohammad Natsir Rahmad membawa rombongan dari Pemerintah Kabupaten Poliwalimandar Provinsi Sulawesi Barat mengunjungi Desa Sambogunung, Dukun Gresik Jawa Timur.


Sebelum turun ke lokasi, Rombongan Pemkab Polewalimandar  diterima oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto di ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik pada Selasa, (29/10/2019).


Tampak dalam rombongan dari Pemkab Polewalimandar tersebut yaitu Ketua Tim Penggerak (TP) PKK yang juga isteri Bupati, Kepala Dinas Kesehatan dan beberapa Asisten dari Kabupaten Polewalimandar.


Sedangkan Bupati Gresik didampingi oleh Isterinya Maria Ulfa selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Kepala Inspektorat Edy Hadisiwoyo dan Kepala Dinas Kesehatan Saifudin Ghozali serta beberapa Kepala Bidang dari Dinas Kesehatan Gresik.


Menurut Wabup Polewalimandar, kedatangannya bersama seluruh rombongan ini bertujuan untuk belajar tentang PHBS di Desa Sambogunung.


“Kami akan belajar disini untuk peningkatan pengetahuan, agar kami bisa mengetrapkan hal yang baik disini ke daerah kami di Polewalimandar. Tolong saya dikasih ilmunya terkait penerapan PHBS.  Bagaimana Pemkab Gresik ini menerapkan program-program PHBS sehingga berhasil meraih prestasi Nasional ?” kata Mohammad Natsir Rahmad.


Atas keinginan Wabup Polewalimandar, Bupati Gresik menanggapi bahwa mungkin kunjungan Pemkab Polewalimandar tersebut hanya ingin sekedar membandingkan.


“Saya Yakin Pemkab Polewalimandar sudah melaksanakan seluruh program PHBS di wilayahnya. Untuk di Kabupaten Gresik, program PHBS berjalan seiring program kami dalam memerangi stunting. Semuanya harus serasi seimbang dan klop” katanya


Ada Sepuluh indicator yang harus laksanakan dalam program PHBS ini, yaitu Persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.


Usai menerima penjelasan dari Bupati dan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Gresik. Rombongan Pemkab Polewalimandar langsung turun kelapangan di Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.


Perlu diketahui bahwa Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik pernah meraih juara I Nasional lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan predikat tertinggi yaitu Prakarti Utama I. Penghargaan ini diterima saat  puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 di Bandarlampung.



Beberapa Pemkab yang pernah mengunjungi Desa Sambugunung untuk belajar PBHS yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Marangin, Provinsi Jambi. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads