Breaking

Post Top Ad

12/21/2019

Hadirnya Hand Traktor, Petani Wotansari Bangga

Gresik, pojokpudak.com

Petani Desa Wotansari Kecamatan Balongpanggang, Gresik, patut berbangga hati,
dapat bantuan hand traktor dari Dinas Pertanian dan Perkebunan. 


Setelah sekian lama kami ajukan permohonan bantuan, Alkhamdulillah akhirnya diberi juga, Kata Ketua Gapoktan Ngudi Raharjo Sampurno, Jumat (20/12/3019) Pagi.


"Itu semua berkat sinergitas antara Petani, Gapoktan dan Pemerintahan Desa Wotansari," Tambahnya.


Hand Traktor ini bisa digunakan untuk menanam Tembakau dan Padi, itu semua tergantung dari petani, pada pemakaiannya.


Dengan adanya ini, tentu saja saya sangat berterimakasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Gresik dan juga Kepala Desa Wotansari H. Hariyono, SP, yang bisa membantu para petani, agar nantinya pertanian bisa lancar, baik menanam padi maupun tembakau.


"Hand Traktor ini kami fungsikan untuk umum, siapapun yang ingin memakai silakan, namun saya yang ditunjuk disini sebagai Ketua Gapoktan, untuk itu saya yang bertanggung jawab, atas pemakaiannya, sebab disitu, mungkin ada kerusakan.


Kami berharap kepada pemerintah, bilamana nanti kalau ada bantuan lagi kepada Gapoktan Ngudi Raharjo, kami mohon untuk segera diturunkan lagi, entah berupa apapun, yang penting demi kemajuan petani di Desa Wotansari," Tambah Sampurno.


Sementara itu Kepala Desa Wotansari H. Hariyono, SP saat ditemui menambahkan,"Bantuan tersebut bersumber dari
Pemerintah daerah yang berkoordinasi dengan Gapoktan, dan semua alat pertanian dikoordinir oleh Gapoktan, untuk itu setiap warga yang ingin menggunakan hand traktor nanti dikoordinir oleh ketua gapoktan, jadi tidak ada satu wargapun yang bisa menguasai alat tersebut, kecuali mendapat laporan dari ketua gapoktan," 


Supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, kalau itu nantinya dikelola oleh warga, otomatis itu nanti menjadi kecemburuan. Terangnya.


Jadi saya selaku Kepala Desa tidak memungkinkan bantuan ini dikelola oleh warga, yang mengelola tetap gapoktan. Tegasnya.


" Dari segi keuntungan nantinya, sebagian besar bisa untuk operasional, sebagian bisa untuk operator atau tenaga pembantu, juga bisa SHU, prosentase sedikit nanti, bisa untuk dimasukkan kas, semoga saja nantinya bisa membawah berkah untuk warga desa Wotansari,"


Sebab saya berkomitmen bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupatem Gresik untuk mencari bantuan yang layaknya di Kecamatan Balongpanggang yang notabent sebagai peta daerah pertanian.


Saya selaku kepala desa Wotansari, bekerjasama dengan Kepala Dins Pertanian dan Perkebunan untuk mencari alat-alat atau Alsintan yang bisa dimanfaatka pertanian di Kecamatan Balongpanggang Khususnya di Desa Wotansari, dibidang pertanian padi juga dengan Tembakau,


Masih H. Hariyono, SP Sudah lama Desa Wotansari mulai dari nenek moyang kita sudah menjadi petani tembakau, tidak ada salahnya membri bantuan kepada desa wotansari, yang untuk kesejaterahaan warga dibidang pertanian tembakau atau padi.


Tiap tahun Alhamdulillah Desa Wotansari sering diadakan study banding atau teknik lapangan untuk masalah tanaman. 


Jadi alat itu tidak hanya dimanfaatkan oleh petani tembako, biarpun program itu dari perkebunan yang notabentnya untuk tembakau, kepadi juga bisa, namun yang penting masyarakat bisa mengunakan alat tersebut. Tambahnya. (Dyo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads