Breaking

Post Top Ad

2/14/2020

Babinsa Koramil 0817/08 Cerme Dan Kades Sukoanyar Ikuti Pendampingan Gerakan Pengendalian Hama Tikus

Gresik, pojokpudak.com

Tidak ada kata lelah apa yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0817/08 Cerme Koptu Muntholib, turut menghadiri kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) Tikus di Dusun Sukoanyar Desa Sukoanyar Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Kamis (13/2/2020) Pagi.


Babinsa Desa Sukoanyar Koptu Muntholib, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama di sawah khususnya hama tikus,
yang merajalela menyerang memakan tumbuhan, padi dan jagung yang baru tumbuh.


Untuk itu, dengan adanya sosialisasi yang dilakukan Dinas Pertanian Cerme oleh Bapak Heri, ini petani diajarkan tentang cara-cara mengatasi hama tikus dengan cara mengunakan belerang, yang di bakar lalu di masukan ke dalam lubangan, setelah itu di tutup rapat-rapat supaya nantinya hama tikus akan mati di dalam lubang.


“ Ini adalah upaya kita untuk kurangi serangan hama di sawah khususnya hama tikus, karena hama tikus ini kerap kali muncul, apalagi mendekati masa panen tiba," katanya.


Terkait hal ini, adanya peran serta TNI AD khususnya Babinsa, ini adalah merupakan pendampingan kepada petani, sebagai tindak lanjut MoU antara TNI dengan Kementrian Pertanian sebagai upaya meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional.


Selain itu, keikutsertaan Babinsa juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani demi tercapainya program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional, imbuhnya.


Dengan adanya sosialisasi tersebut, kami berharap untuk digetok-tularkan kepada para petani yang tidak hadir, agar betul-betul dipahami oleh para petani yang ada di Desa Sukoanyar, supaya nantinya hasil panen bisa meningkat. Tutur Kepala Desa Sukoanyar Suliadi.


Adapun acara sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala Desa Sukoanyar Suliadi, Bhabinkamtibmas Bripka Samsul, Babinsa Koptu Muntholib serta puluhan petani. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads