Breaking

Post Top Ad

2/04/2020

Dalam Rangka Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) PWI Gresik, YDSF, UISI, Beri Pelatihan Pembuatan Pentol, Sosis Dan Tanam Pohon

Gresik, pojokpudak.com

Dalam Rangka Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) bertempat di Balai Desa Raciwetan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik, Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dan Univeritas Internasional Semen Indonesia (UISI), memberi pelatihan membuat pentol, sosis dan tanam 100 pohon. Senin (4/2/2020) Pagi.


Ada sekitar 100 warga Desa Raci Wetan yang mengikuti kegiatan pembuatan pentol dan sosis ini, menyimak dan aktif terlibat dalam proses, mulai mengupas bawang, mencacah daging, dan membuat adonan, sehingga sang nara sumber sangat senang karena antusiasnya para peserta.


Sementara itu Karni yang mendapat ilmu dari membuat pentol dan sosis berencana akan mempraktekkan ilmu yang baru di dapat,” Minimal untuk di konsumsi keluarga, kalau tetangga merasa cocok dengan menu buatan saya, maka tidak menutup kemungkinan saya akan jualan pentol dan sosis yang di buat sendiri,” jelas ibu 2 anak.


Kepala Desa Raci Wetan Drs. H. Moh Shodiqin, M.Pd yang akrab dipanggil (Mas.Ody) menuturkan, jujur saja kami merasa sangat senang, dengan kedatangan mahasiswa dari UISI yang melakukan KKN di desanya, ” Karena ide dari para mahasiswa yang sedang melakukan KKN, dan menyaksikan sendiri potensi ikan tangkapan masyarakat yang langsung di jual di pasar, dengan menggandeng pihak YDSF dan Wartawan akhirnya terlaksana pelatihan ini, dengan harapan bisa meningkatkan nilai jual ikan dan berakibat peningkatan pendapatan masyarakat,”


Kegiatan ini yang pada dasarnya untuk meningkatkan tentunya dalam program ini adalah membantu kami, program yang sudah kami canangkan pada tahun 2020 ini, untuk memanfaatkan petani tambak, yang pada dasarnya kita punyak bahan olahan, yang bisa kita jadikan untuk kesejaterahaan masyarakat. Dengan adanya ini semoga nantinya Desa Raci Wetan menjadi desa mandiri untuk menyongsong tahun 2025. Tutur Mas Ody yang juga seorang dosen.


Selain memberikan pelatihan membuat pentol dan sosis, kolaborasi antara PWI Gresik, YDSF, UISI, juga melakukan tanam pohon dan juga membuat taman obat keluarga (Toga).


Ada sekitar 100 tanaman keras dari berbagai jenis, ditanam di pintu masuk dan di sekitar balai desa serta sekolahan.


Kapolsek serta Danramil yang diwakili Babinsa ikut serta saat melakukan penanaman ini. otomatis dari Kepala Desa, perangkat, wartawan, serta mahasiswa dari UISI mengikutinya.


Acara tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional ( HPN ) sekaligus milad YDSF ke 33. Tambahnya.



Kepala YDSF Gresik Aries Munandar berharap program ini bisa dirasakan manfaatnya,” Kami dengan senang hati bisa memberikan ilmu yang baru kepada masyarakat, kalau berkembang dan butuh mentor soal menejemen serta pemasaran boleh berhubungan dengan kami, dan kami ini hanya meneruskan amanah baik zakat maupun sedekah yang di titipkan pada kami,” jelas Aries.


Ketua PWI Kabupaten Gresik
Solahudin (Cak Hud) yang diwakili Ali Sugiarto Wakil Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan Ali Sugiarto merasa bangga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” Suatu kebanggaan bagi kami, ketika keberadaan kami bermanfaat bagi masyarakat luas, bahkan bisa meningkatkan taraf perekonomiannya, ” tutur singkat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads