Breaking

Post Top Ad

6/29/2020

Merupakan Program Komando Atas, Kodim 0817/Gresik Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah Kodim 0817/Gresik Tw II TA. 2020

Gresik, pojokpudak.com

Bertempat di Aula Brigjen TNI Rahmatullah dan Ruang Data Makodim 0817/Gresik telah dilakasanakan penyelenggaraan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah Kodim 0817/Gresik Tw II TA. 2020. Senin (29/6/2020) pagi.


Saat ditemui disela sela kegiatan Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos melalui Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh Suwanto menuturkan,"
Kegiatan ini wujud Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah Kabupaten Gresik, merupakan program dari Komando Atas, yang bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah, guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa.


Pembumian nilai-nilai Pancasila serta Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi Aparat Pemerintah di daerah guna menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya, untuk tercapainya Tugas Pokok TNI.


Dengan silaturahmi ini juga, banyak hikmah yang terkandung didalamnya, dimana kita tidak hanya sekedar bisa saling mengenal, tetapi dengan silaturahmi kita mampu membangun komunikasi yang intensif dalam suatu kerangka mempertemukan visi dan persepsi tentang berbagai persoalan baik berkaitan dengan peran, fungsi dan tugas kita masing-masing maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Melalui silaturahmi ini juga, merupakan jembatan setiap permasalahan yang terjadi dengan selalu bersinergi untuk berkoordinasi bersama aparat terkait dan pemerintah Kabupaten Gresik, dalam menghadapi hambatan dan tantangan untuk meningkatkan kualitas pengabdian Aparat Pemerintah di wilayah  Kabupaten Gresik.


Kodim 0817/Gresik beserta jajarannya,  sebagai aparat pembina kewilayahan di bidang pertahanan, menjalin komunikasi dengan Aparat Pemerintah,  merupakan tuntutan dan kebutuhan yang harus diwujudkan setiap saat dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang kondusif, bagi terlaksananya tugas pertahanan negara maupun pembangunan nasional di wilayah Kabupaten Gresik, sesuai tema kegiatan pada saat ini, yaitu “ SINERGITAS MEMBANGUN BANGSA “


Masih Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh Suwanto," Seperti kita ketahui bersama, pada tahun 2019, kemarin kita sebagai Aparat Pemerintah  telah sukses mengawal dan mengamankan Pesta Demokrasi Pileg maupun Pilpres, sehingga wilayah Kabupaten Gresik tetap kondusif. Pada tahun 2020 selain melaksanakan Tugas Pokok, kita dihadapkan pada kegiatan tugas-tugas yang semakin berat serta kompleks, terutama pelaksanaan kegiatan Pilkada 2020 secara serentak di seluruh Indonesia sejumlah 270 daerah, termasuk Kabupaten Gresik, yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 mendatang.


Tugas tersebut memerlukan wawasan pemikiran yang luas, arif dan bijaksana serta tetap berpedoman pada norma-norma hukum dan prosedur yang berlaku.


Pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan, terkait maraknya berita-berita bohong atau hoaks lewat media sosial yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, melalui Komunikasi Sosial  (Komsos) ini kita dapat memberikan pelurusan informasi yang beredar, sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Oleh karena itu Komunikasi Sosial (Komsos) ini kiranya dapat dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan, tidak hanya di tingkat Kabupaten saja tetapi berlanjut hingga ke Kecamatan dan tingkat Desa, sehingga terbangun pelaksanaan tugas yang terjalin baik untuk masyarakat di Kabupaten Gresik. Katanya.


Lanjut  Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh Suwanto," Perlu saya sampaikan bahwa kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah Kodim 0817 TA. 2020  kita laksanakan kali ini bersamaan dengan Pandemi Covid-19 yang menyebar di berbagai daerah, tidak terkecuali wilayah Kabupaten Gresik, kita sebagai Aparat Pemerintah yang ada di wilayah Kodim 0817/Gresik sebagai garda terdepan menjadi  contoh kepada masyarakat untuk mengikuti, sekaligus mematuhi anjuran yang telah disampaikan pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, untuk tetap menjaga Jarak ( Social Distancing ), pakai masker, hindari kerumunan/keramaian,   menjaga kebersihan selalu cuci tangan pakai sabun  kalau tidak penting sekali kita tidak keluar rumah, dan apabila kita merasa sakit segera melapor kepada petugas kesehatan, Puskesmas terdekat sehingga bisa segera dapat diantisipasi, serta jangan mudah percaya akan berita hoax tentang Corona -19 yang disampaikan akhir-akhir ini tanpa kebenaran oleh orang tidak bertanggung jawab.


Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi kita dalam melaksanakan tugas sehari-hari," Tambanya.


Adapun dalam kegiatan tersebut, untuk pemberi materi Sosialisasi kebijakan Kasad th 2020 bidang Teritorial oleh Kasdim 0817/Gresik, Mayor Arh Suwanto, mederator Danramil 0817/11 Duduksampeyan Kapten Inf Hendrikus MT, SP, dan Penyampaian materi pengetahuan tentang Literasi Digital oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Gresik, Budi Raharjo, SH,
Penyampaian materi pencegahan penyebaran Covid-19 oleh Kasi Surveilans Dinas Kesehatan Kab. Gresik Nur Farida, Penyampaian materi mitigasi bencana alam oleh Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kab Gresik Samsul Anam dan Penyampaian materi Perpang TNI No 61 th 2016 dan ST Kasad No ST/541/2019 oleh Danramil 09 Kapten Inf M. Zainudin, SH.
 

Adapun peserta yang hadir pada giat Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah Kodim 0817/Gresik TW II TA 2020 sebanyak 100 orang yang terbagi menjadi 4 sesi. terdiri dari Bhabinkamtibmas 32 orang, PNS Kecamatan 32 orang dan Perangkat Desa 36 orang.



Dan penyerahan souvenir secara simbolis kepada perwakilan peserta kegiatan oleh Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh Suwanto. (Dyo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads