Breaking

Post Top Ad

6/07/2020

Tingkatkan Produktifitas Pertanian, HIPPA Desa Tenggor Bangun Jaringan Irigasi

Gresik, pojokpudak.com


Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Tenggor Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik melaksanakan pembangunan saluran irigasi di Dusun Bangle. 


Sementara itu Kepala Desa Tenggor Kowiyanto menuturkan," ini sengaja diperuntukkan untuk pembangunan saluran irigasi, karena ini sangat penting sebagai kebutuhan dasar dalam rangka peningkatan perekonomian dan kesejaterahaan masyarakat. 


" Pembangunan tersebut ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air. Karena, dengan adanya pembangunan itu, nanti akan memudahkan para petani dalam mengakses air dalam masa tanam,” ujarnya (6/6/2020). 


Menurutnya, pembangunan ini merupakan program kegiatan HIPPA Desa Tenggor sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional. 


" Harapannya dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar, terawat dengan baik, dan petani di Desa Tenggor dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian," kata Kowiyanto. 


Masih Kowiyanto, keberadaan HIPPA Desa Tenggor ini sangat membantu petani di desanya. Karena dengan ketersediaan saluran irigasi yang terawat dengan baik, maka petani di Desa Tenggor ini dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian. 


Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi tersier program dari HIPPA tersebut, kami sebagai aparatur Pemerintahan Desa Tenggor menyampaikan terima kasih, baik kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 


Karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani Desa Tenggor merasa terbantu, terutama kaitanya dengan pengairan lahan persawahan jadi lancar. 


Perlu diketahui dalam pelaksanaannya, sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 para pekerja pembangunan jaringan irigasi program HIPPA di Dusun Bangle ini pun tetap menerapkan protokol pencegahan virus corona. Diantaranya, tetap memakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir yang telah disediakan dilokasi proyek pembangunan. Tambahnya. (Eta/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads