Breaking

Post Top Ad


7/10/2020

Kampung Tangguh Kawung Resmi Di Launching Forpimda Gresik

Gresik, pojokpudak.com

Kampung Tangguh Semeru yang jadi gagasan Polda Jawa Timur untuk mewujudkan agar warga di setiap desa bisa terhindar dari pandemi Covid-19. 


Terlihat dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Gresik sangat antusias gotong royong mewujudkan Desa tangguh tersebut. Salah satunya Desa Mojogede, akhirnya resmi di launching, oleh Forpimda Gresik. Jumat (10/7/2020) Pagi.



Launching Kampung Tangguh Kawung tersebut berlangsung di Dusun Kawung  Desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres Gresik. AKBP Arif Fitrianto dengan  didampingi Bpk. Wakil Bupati Gresik dan Dandim 0817/Gresik Letkol Budi Handoko, S.Sos diwakili oleh Pasipers Kodim 0817/Gresik  Lettu Inf Toyib, Sekjen AKD Kabupaten Gresik Siswadi, Jajaran Muspika Balongpanggang, Muspika Kec. Balongpanggang serta Kades Se - Kecamatan Balongpanggang, Kades Mojogede Ngadiono dan Gus Huda .


Turut hadir dalam peresmian kampung tangguh semeru di Desa Mojogede tersebut Kapolres Gresik, AKBP Arif Fitrianto, Wakil Bupati Gresik Qosim, Komandan Kodim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S,Sos yang diwakili oleh Pasipers Dim Lettu Inf Toyib, Sekjen AKD Kabupaten Gresik Siswasi dan Danramil 0817/09 Kapten Inf M. Zainudin, SH, Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus, SH. Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, Gus Huda dan sejumlah tokoh dari unsur Forkopimcam, Kepala Desa Mojogede Ngadiono serta para Kepala Desa sekecamatan Balongpanggang.



Launching Kampung Tangguh Kawung di Dusun Karangwungu Desa Mojogede ini diawali dengan peninjauan ke Posko Dapur umum Ruang Isolasi Ruang Kesehatan Lumbung Pangan. Dimana dalam Lumbung Pangan ini terdapat beberapa stok barang pangan.


Pelaksanaan Launching Kampung Tangguh Kawung ini tetap menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun, memakai masker, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik.


Wakil Bupati Gresik Qosim mengungkapkan Dusun Karangwungu Desa Mojogede ini merupakan Kampung Tangguh COVID-19 yang ada di wilayah Kecamatan Balongpanggang.


“Apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Mojogede dalam mengantisipasi mewabahnya COVID-19 mulai dari ketahanan pangan, ketahanan kesehatan hingga karantina desa secara mandiri,” Katanya.



Masih Qosim kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu program untuk mendukung upaya dari Pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya dalam memutus mata rantai COVID-19 di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Kegiatan ini harus terus dilakukan dalam masa pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda.


“Program Kampung Tangguh Kawung ini dilaksanakan atas dasar kerja ikhlas seluruh warga masyarakat. Tanpa adanya dukungan seluruh masyarakat, maka pemerintah tidak akan berhasil dalam menekan penyebaran COVID-19," terangnya.


Sementara Kepala Desa Mojogede Ngadiono menyatakan, dengan adanya Kampung Tangguh Kawung ini, pihaknya bersama tim mendata setiap pendatang yang akan memasuki. Juga diberlakukan pula persyaratan harus lolos screening kesehatan.


Dusun Karangwungu Desa Mojogede juga menyediakan kelengkapan fasilitas ruang isolasi, dapur umum serta lumbung pangan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi ini. 


Ngadiono tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Forkopimcam, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, serta masyarakat dalam bentuk dukungannya terhadap Kampung Tangguh Kawung ini.


Ngadiono menambahkan, Kampung Tangguh Kawung merupakan program unggulan Polda Jawa Timur. Tujuannya, untuk membentuk desa tangguh melawan pandemi Covid-19. Harapannya, masyarakat desa tetap sehat terbebas dari Pandemi Covid-19. Tambahnya.



Ditempat yang sama Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori menuturkan," Kami berharap agar nantinya masyarakat disiplin dalam melaksanakan penegakkan protokoler kesehatan dengan selalu memakai masker bila keluar rumah, jaga jarak dan sering sering cici tangan pakai sabun agar kita terhindar dari penularan covid -19 dan agar kita dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Dengan demikian semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Balingpanggang harus mempunyai kampung tangguh di setiap Dusunnya dan wajib di semuanya nanti desa menjadi desa tangguh 25 desa di Kecamatan Balongpanggang. 


Dan dengan di Launchingnya Kampung Tangguh Kawung ini bisa dijadikan contoh bagi desa desa lain dan study banding desa lain kedusun karangwungu untuk membentuk desa kampung tangguh di wilayahnya masing masing.


Dan yang ketiga agar nantinya diharapkan kegotong royongan dan kebersamaan masyarakat di Kampung tersebut bisa terwujud sehingga saling membantu antar sesama tetangga akan bisa terwujud. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads