Breaking

Post Top Ad


9/22/2020

Wujud Syukur Warga Cermelor Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com

Seperti kebanyakan masyarakat jawa pada umumnya, masyarakat Desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik sebagian besar masih peduli pada pelaksanaan upacara-upacara adat, mereka masih meyakini akan manfaat dari pelaksanaan upacara adat yang sudah terselenggara sejak zaman dahulu, sehingga mereka masih melestarikan upacara-upacara adat. 


Salah satu upacara adat yang tetap dilestarikan sampai sekarang adalah acara sedekah bumi. Masyarakat Cerme Lor sendiri melaksanakan sedekah bumi di punden Nyai Siti Sundari, Sabtu (19/09/2020) pagi dengan membawa berbagai macam hasil bumi. 


Punden itu memang dipilih masyarakat untuk menggelar acara sakral seperti sedekah bumi sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur. 


Setelah acara di punden selesai, sore atau malam harinya masyarakat dihibur oleh pagelaran seni wayang kulit dan campur sari di balai desa, yang dihadiri oleh Muspika Cerme.


Kesenian tersebut sengaja dipilih pemerintah desa demi melestarikan kebudayaan jawa.


Kepala Desa Cerme Lor Arifin ketika dikonfirmasi mengatakan, acara sedekah bumi ini rutin diadakan setiap tahun. Melalui acara ini, masyarakat merasa bersyukur kepada Allah SWT atas karunia yang telah diberikan baik itu berupa rezeki, hasil bumi yang melimpah, kesehatan dan kesejahteraan. 


Rasa syukur itulah yang kemudian diwujudkan masyarakat dengan menggelar acara sedekah bumi, baik itu yang bertempat di punden maupun di balai desa . 


Demi mencegah penularan covid-19, Dalam pelaksanaan acara ini, Kades menekankan kepada masyarakat agar tetap memprioritaskan penerapan protokol kesehatan. 


Oleh sebab itu, saat memberikan sambutan, Kades tak henti-hentinya menghimbau kepada warga yang hadir untuk memakai masker. Jika tidak, akan ada sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehetan sesuai aturan yang berlaku." Kita harus rajin dan wajib memakai maker," tegasnya.


Selain diwajibkan memakai masker, warga juga dihimbau mencuci tangan dan menjaga jarak agar terhindar dari penularan corona."Protokol kesehatan harus ditaati betul-betul," ujarnya.


Dengan adanya sedekah bumi ini, Arifin berharap mudah-mudahan apa yang dikerjakan oleh masyarakat bisa menjadi suatu petunjuk yang terbaik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat Desa Cerme Lor. Tambahnya. (Rof/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads