Breaking

Post Top Ad

3/19/2021

Keluarga Besar Anjal Makan Bersama Pakai Daun Pisang

Gresik, pojokpudak.com


Jumat berkah dilingkungan terminal Gub Suryo. tepatnya di rumah belajar anak jalanan selalu dihiasi dengan penambahan gizi alias makanan sehat, dan kali ini agak berbeda dari biasanya, demikian diungkapkan salah satu pembimbing ustadzah Iin Budiarti . Jumat sore ( 19/3).


" Kalau makan nasi kotak atau nasi yang dibungkus itu sudah biasa, kali ini dengan makan bareng dengan alas daun pisang dan duduk memanjang dengan saling berhadapan, khas gaya Pramuka atau di markas TNI," jelas ustadzah Iin.


Di gelarnya makan bersama baik anak anjal, orang tua anjal, dan guru pembimbing, duduk bareng diatas terpal, dan ditengah tengah dengan dilapisi daun pisang yang memanjang ada nasi, lengkap beserta lauk, dan bandeng goreng, buah dan air mineral.


" Kita mengajarkan budaya adab dan ahlak saat makan, apalagi dalam makan bersama anak, remaja, dewasa, serta manula, kita ajarkan doa, sekaligus budaya Jawa yang adiluhung saat berkumpul dan makan bersama," tutur ustadzah Iin.


Hampir seluruh warga terminal yang ikut makan bersama merasa senang dan gembira, bahkan ada yang mengaku budaya makan bersama begitu hanya tinggal cerita.


" Rasanya, sejak 20 tahun tinggal di lingkungan terminal Gub Suryo, kegiatan makan bersama dan wadahnya jadi satu begini nyaris belum pernah dilakukan disini, sehingga hanya sebagai cerita kalau makan bersama dengan wadah lengser. kalau makan nasi kotak sudah hal yang lumrah," ungkap Ny Sutinah ( 56) yang berasal dari Tuban.  (Ali/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads