Breaking

Post Top Ad

3/06/2021

Kenalkan Jurusan TBSM ke Masyarakat, SMK Hidyatul Ummah Buka Layanan Service Motor Gratis

Gresik, pojokpudak.com


Pandemi rupanya tak jadi halangan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hidayatul Ummah Balongpanggang untuk terus berinovasi.


Buktinya, salah satu sekolah favorit di Kecamatan Balongpanggang tersebut selalu punya cara jitu memperkenalkan berbagai programnya ke masyarakat.


Salah satunya ialah dengan membuka layanan service motor gratis. Tujuannya ialah mengenalkan jurusan tehnik dan bisnis kendaraan bermotor (TBSM) ke masyarakat.


Service ringan itu meliputi ganti oli, stel rantai, karbulator dan injeksi, ganti kampas rem masalah kelisrtikan. Bekerjasama dengan PAC GP Anshor Balongpanggang, layanan service motor tersebut setiap hari Jum'at berkililing dari desa satu ke desa lainnya. Sejauh ini, sudah ada tiga desa yang menjadi tempat praktek. Jum'at pertama adalah desa Dohoagung, kedua Desa Babatan dan Jum'at ketiga Desa Banjaragung.


Rata-rata, di setiap tempat siswa bisa melakukan service ringan sebanyak 20 sepeda motor. Semuanya dikerjakan oleh siswa siswa kelas X dan kelas XII. Ada juga alumni dan guru tehnik yang turut berpartisipasi mendampingi para siswa dalam melakukan service tersebut.


Bagian Humas SMK HU Yulistiana saat dikonfirmasi mengatakan, setiap kali pihak sekolah mengadakan service gratis ini, respon masyarakat sangat positif, masyarakat sekitar tak segan menitipkan motornya untuk di service ringan siswa SMK HU.


Dia menuturkan, sejauh ini siswa tidak menemukan kendala yang berarti ketika melakukan service karena memang sudah terlatih. " hari ini ada 23 motor yang diservice dan tidak ada kendala yang berarti," ujarnya.


Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap nanti ketika siswa lulus, siswa tersebut sudah punya skil dan siap kerja." Setidaknya bisa buka bengkel sendiri," ungkapnya.


Sementara itu Adlan selaku Waka Kesiswaan menambahkan layanan service kunjung ini sengaja di adakan hari jum'at. Sebab, setelah melakukan service, siswa langsung melaksanakan khotbah Jum'at.


Dia menyatakan, service kunjung ini sifatnya ialah membantu masyarakat agar masyarakat bisa mengenal program sekolah jurusan Tehnik dan Bisnis Kendaraan Bermotor (TBSM). Penerapannya ialah pada service ringan seperti ganti oli, stel rantai, membersihkan karburator dan injeksi, kelistrikan seperti lampu depan atau sein. Rencananya, tidak menutup kemungkinan pihak sekolah tahun depan akan membuka layanan service mobil.


" harapan kita, dengan adanya kegiatan ini masyarakat betul-betul mengenal SMK HU lebih dalam lagi dan lebih jauh," pungkasnya. (Rof/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads