Breaking

Post Top Ad


7/18/2021

Anggota DPRD Gresik Hj. Lilik Hidayati Berharap Kades dan Bidan Desa Menjadi Ujung Tombak Penanganan Isoman

Gresik, pojokpudak.com




Anggota DPRD Kabupaten Gresik, Komisi 2 Hj. Lilik Hidayati berharap Kepala Desa (Kades) atau Bidan Desa menjadi ujung tombak dalam penanganan para warga yang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman). Begitu kata Lilik Hidayati saat Sosialisasi Perundangan - undangan, di Balai Desa Suci, Minggu (18/7/2021) pagi.


Lanjut Lilik Hidayati, sebab warga yang sedang melakukan Isoman butuh perhatian khusus karena dalam proses berjuang melawan penyakit dan pemulihan. 


Untuk itu dalam penanganan para Isoman, Kades dan Bidan Desa karena yang paling dekat dan lebih tahu kondisi lapangan, untuk memantau perkembangan kesehatan masyarakat, baik melakukan pelacakan kepada kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk yang tengah menjalani isoman meski tidak sedikit bidan yang akhirnya juga terpapar Covid-19.


Tidak hanya itu Lilik Hidayati juga meminta masyarakat jangan mengucilkan tetangga yang menjalani isoman karena terpapar Covid-19.


Warga dihimbau tidak panik bila ada kerabat atau tetangga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isoman di rumah. Selama prosedur penanganan dijalankan dengan disiplin, dipastikan tidak akan terjadi penularan virus tersebut.


Politikus PPP tersebut menekankan pentingnya kepedulian sosial terhadap warga yang harus menjalani isoman di rumah. Seperti dengan memberikan motivasi atau dukungan semangat, jangan takut berlebihan. Seharusnya memberikan dukungan, jangan malah dijauhi atau dikucilkan,” imbuhnya.


Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam penanganan pandemi Covid-19 karena keterbatasan sumber daya dan tenaga. Dalam kondisi itu butuh partisipasi aktif masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan mereka.


Termasuk bagaimana program Protokol Kesehatan (prokes) bisa berjalan dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Katanya. 


Perlu diketahui di Kabupaten Gresik sendiri terdapat dalam 4 Posko. Posko tersebut masing-masing yaitu Posko I di Kantor Kecamatan Kebomas meliputi Kecamatan Kebomas, Gresik dan Manyar, Posko II di Kantor Kecamatan Kedamean meliputi Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo dan Wringinanom. Posko III di kantor Kecamatan Cerme meliputi Kecamatan Cerme, Duduk Sampeyan, Balongpanggang dan Benjeng. Posko IV di kantor Kecamatan Sidayu meliputi Kecamatan Sidayu, Bungah, Ujungpangkah, Dukun dan Panceng.


“Masing-masing Posko akan memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk masyarakat terdampak serta warga yang isoman yang berada di wilayahnya. Mereka akan dilengkapi dengan berbagai kebutuhan misalnya ambulance, bantuan sembako dan vitamin serta beberapa obat-obatan yang diperlukan. 


Lilik Hidayati juga menekankan kepada masyarakat agar selalu disiplin dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), sebab Covid-19 belum selesai sebagai mana aturan Bupati Surat Edaran (SE) nomor 13 tahun 2021 tentang PPKM Darurat di Kabupaten Gresik. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads