Breaking

Post Top Ad

8/27/2021

Berkat JUT, Distribusi Petani Lancar

Gresik, pojokoudak.com


Guna memudahkan masyarakat setempat dalam mengoptimalisasi lahan pertaniannya, Pemerintah Desa Wahas, Brangkal dan Desa Kedungsumbar Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik membangun Jalan Usaha Tani (JUT) di lokasi lahan persawahan desa tersebut .


Dengan dibangunnya JUT sebagai kelengkapan diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanamnya. Terlebih untuk akses saat mengangkut hasil panen.


Dengan jalan usaha tani tersebut, katanya, maka pemilik lahan dapat lebih maksimal untuk menjalankan usaha pertanian, baik untuk memperlancar alat pertanian dan juga mengangkut hasil produksi pertanian. Kata Kepala Desa (Kades) Wahas Maskur. 


Ia mengaku sangat bersyukur dan kegembiraannya dengan adanya JUT. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah atas JUT tersebut. Tambahnya.


Ditempat terpisah Kades Kedungsumber Wahono Yudo mengatakan," Tentu saja saya sangat berterima kasih terhadap pemerintah daerah, sebab dengan adanya JUT akan mempermudah akses untuk menjangkau areal persawahan. Sebab melalui jalan pertanian ini akan memberi banyak manfaat untuk petani.


"Kalau sebelumnya bahkan ada pemilik lahan yang mengangkut hasilnya di persawahan ini dengan pertanian dan berjalan hingga sejauh satu kilometer. Maka dengan JUT ini, setidaknya hasil dapat diangkut dengan menggunakan sepeda motor," katanya.


Sementara Kades Brangkal Dodik menuturkan," Pembangunan JUT tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani. Sebab, jalan yang biasanya digunakan masyarakat cenderung menyulitkan, karena belum memiliki akses yang memadai. Seperti diketahui, ada sejumlah sektor komoditas pertanian yang menjadi unggulan seperti padi, kangkung, tebu, jagung dan jenis umbi-umbian lainnya. Katanya Jumat (27/8/2021).


Pembangunan jalan usaha tani sendiri diakui Dodik, merupakan program prioritas pihaknya sejak beberapa tahun lalu. Hal itu dilakukannya, untuk memberikan fasilitas mobilisasi kepada masyarakat agar mudah dilalui. Karena menurutnya, jika fasilitas pertanian minim, maka jelas akan berdampak pada hasil panen nantinya. 


Masih Dodik," Dengan adanya JUT saya harap petani milenial lebih tergugah hatinya untuk ikut dalam mensukseskan program ketahanan pangan, sebab di masa pandemi covid-19 ini saya rasa hanya leading sektor pertanian yang bisa bertahan.


Oleh karena itu JUT saya rasa menjadi solusi bagi kita selaku petani milenial, karena pada saat ini petani milenial rata-rata sudah di mudahkan dengan alat-alat seperti traktor, kombi dan alat modern pada saat ini yang memudahkan untuk bercocok tanam ataupun panen dengan adanya jalan usaha tani untuk akses masuknya alat-alat modern saat ini. 


Saya selaku Kades Brangkal mengucapkan terimakasih sinergitas antara pemerintahan desa dengan pihak pertanian. Pihak bapak/ibu DPRD dan pihak DPRD provinsi yang merealisasikan JUT yang turun di desa kami pada tahun ini. 


Semoga kedepan kita bisa menjalin sinergitas lebih baik lagi demi kebutuhan - kebutuhan para petani yang berada di desa. Tambahnya.


Sementara ditempat terpisah Kepala Dinas Pertanian Gresik, Eko Anindito Putro melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) Moch Afandi menuturkan," JUT  memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mendukung pemenuhan produksi tanaman pertanian. 

“JUT berperan untuk mengatasi biaya transportasi yang tinggi, karena tidak tersedianya jalan angkutan sarana produksi bagi pertani,"

Padahal lahan pertanian menghampar luas, sehingga menyebabkan biaya produksi jadi tinggi,”


Dengan adanya pembangunan JUT tentu saja sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha tani. Kedepan nantinya dengan mudah bisa melangsir hasil panen ke jalan raya untuk segera diangkut ke pasar. 


Diharapkan dengan adanya JUT tersebut, biaya produksi berkurang. Bongkar muat barang yang sebelumnya dilakukan dengan tenaga manusia, kini digantikan kendaraan.


Dengan realisasinya pembangunan JUT, kami berharap agar nantinya JUT tersebut di jaga, rawat dan rasa memiliki, agar nantinya tidak cepat rusak. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads