Breaking

Post Top Ad

8/27/2021

Door to Door UPT Puskesmas Kedamean Bersama Muspika Vaksinasi ODGJ dan Disabilitas

Gresik, pojokpudak.com


Pemkab Gresik terus mempercepat vaksinasi Covid-19. Saat ini mulai memberikan vaksin buat kelompok Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Disabilitas.


Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan cara door to door untuk mendatangi penerima vaksin dengan mendapatkan pengawalan dari aparat Polri dan TNI.


Kondisi tersebut terlihat dari UPT Puskesmas Kedamean yang telah melakukan vaksinasi buat ODGJ dan penyandang disabilitas.


Sebagai kesungguhan kami dalam mensukseskan vaksinasi di Kecamatan Kedamean, pelaksanaan tersebut Kepala UPT Puskesmas Kedamean dr, Titik Ernawati Krisna, M.H, Kes dengan PJ Program  Jiwa Puskesmas Kedamean M. Bashori bersama Muspika memvaksin ODGJ. Kata Titik Ernawati Krisna,, M.H, Kes Jumat (27/8/2021) pagi 


Tujuannya penyuntikan vaksin itu untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga mereka dapat mencegah penularan virus corona.


“Hari ini vaksinasi kami khususkan untuk ODGJ, penyandang disabilitas,"


Ia menerangkan, vaksin yang diberikan untuk ODGJ dan Disabilitas menerima vaksin 
Synopharm. 


Dalam pelaksanaan perlu pendekatan yang humanis untuk melakukan vaksinasi pada ODGJ, karena tentunya beda dengan pasien lagi dari segi Jiwa dan Mentalnya.


Maka tidak heran kadang pasien ada yang marah-marah sambil bawa kayu buat muat mukul atau mengancam melukai kita. Tapi dengan pendekatan yang baik insyallah berhasil membujuk mereka. Bahkan mau rekam E KTP saja konon ada yang marah-marah dan lari.


Karena ODGJ itu kan tidak mungkin mau datang ketempat vaksin sebab mereka beda dengan orang normal, sedangkan mereka juga punya hak yang sama dengan warga Indonesia lainnya berhak sehat dan terhindar dari Covid-19.


Tadi ada cerita lucu waktu kami datang mengenalkan dengan mengucapkan salam. Sebut saja  ibu K, begitu langsung kabur pergi lalu saya kejar dan aku raih tangannya. Aku peluk aku tanya aku dokter  Erna mau periksa kenapa lari. Tidak berhenti sampai disitu terus aku puji penampilannya yang keren dan lain sebagainya, tanpa disadari ibu K tersebut mau periksa dan disuntik. Ceritanya.


Dalam kesempatan tersebut Titik Ernawati Krisna berpesan kepada pihak keluarga pasien Jiwa agar memperlakukan pasien jiwa dengan humanis dan diberikan dukungan dalam pengobatannya. Agar bisa hidup normal dan bermasyarakat.


Perlu diketahui dalam vaksinasi tersebut kita laksanakan secara door to door di Desa Ngepung dengan sasaran 6 orang. Dan akan disusul desa-desa lainnya. Tambahnya. (Ura/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads