Breaking

Post Top Ad

10/02/2021

Normalisasi Embung, Guna Meningkatkan Produktivitas Pertanian dan Peternakan

Gresik, pojokpudak.com



Keberadaan air menjadi faktor penting bagi keberlanjutan sektor pertanian, sebab dimana air mampu meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) petani. Untuk itu dipandang perlu menormalisasi Embung, guna kebutuhan petani. Seperti yang terlihat di Desa Tenggor Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.


Sementara itu saat ditemui di lokasi Kepala Desa (Kades) Tenggor Kowianto menuturkan," Dengan adanya normalisasi embung di karenakan adanya pendangkalan embung. Baginya itu karena endapan lumpur yang sedikit demi sedikit setiap tahun mengendap sehingga terjadi pendangkalan.


“ Berkat bantuan dari pemerintah melalui Dinas Pertanian kini mulai dikerjakan," Ujarnya. Jumat (1/10/2021) Sore.


Pada awalnya, dari gagasan Musdes. Baginya embung tersebut guna meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan.


Dirinya menambahkan, selain banyak manfaat, fungsi penting dari embung yang terletak berdekatan dengan punden tersebut, dampaknya sangat bisa dirasakan oleh masyarakat petani dan peternak saat ini. Terutama musim kemarau seperti sekarang,"


"Utamanya untuk memenuhi kebutuhan air dan meningkatkan volume hasil pertanian. Jumlah musim panen pun bisa bertambah menjadi 2-3 kali dari biasanya. Saat musim kemarau, masyarakat pun bisa menggunakan embung desa sebagai sumber air," imbuhnya.


Dengan realisasi suatu pembangunan tersebut, saya berharap agar nantinya masyarakat menjaga, merawat dan rasa memiliki, agar kedepannya bisa dirasakan orang banyak. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads