Breaking

Post Top Ad

12/03/2021

Tak Menyangka Ustaz Faiq Raih Juara 1 Nasional Bidang Laborat di Ajang Anugerah Guru dan Tendik Kementerian Agama RI 2021

Gresik, pojokpudak.com



Prestasi luar biasa ditorehkan Ustaz M. Faiq Rofiqi S.Si, Guru MTs NU Trate Gresik. Betapa tidak, guru yang dikenal ramah dan santun ini berhasil menjadi Juara 1 dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional pada Anugerah Guru dan Tendik yang digelar Kementerian Agama RI.



Penghargaan juara 1 Nasional itu diraihnya berkat penemuan alat Biobaterai yang terbuat dari bahan limbah kaleng, wadah plastik, dan tembaga. Alat tersebut memiliki multi fungsi seperti melatih berpikir kritis dan menjelaskan rangkaian seri dan pararel.



” Saya sempat nangis saat mendengar pengumuman pemenang di bidang laborat, karena saya tidak menyangka jika menjadi juara. Alhamdulillah bisa Juara I, padahal saat penyampaian presentasi di tingkat provinsi saya mengubah total, karena kurang pas pada waktu itu,” ungkap Faiq panggilan akrabnya, Kamis (2/12/2021).



Lebih lanjut Faiq menuturkan, dirinya tidak menyangka masuk 5 besar nominator. Karena 4 nominator lainnya sangat kuat, yakni MAN 2 Yogyakarta, MAN 2 Boyolali, dan Man 1 Makassar. Dan semuanya MA Negeri.



Dijelaskan, selain mengalahkan ratusan peserta, biobaterai karya Faiq sudah harus teruji dan digunakan dalam sistem belajar mengajar di sekolah.


“Jadi temuan saya ini tidak serta merta ada dan disiapkan hanya untuk mengikuti lomba, namum harus sudah diterapkan dalam sistem belajar mengajar,” paparnya.


Menurut Faiq, alat temuannya itu memiliki lima kelebihan, yakni bersifat portable, berbahan bekas, harganya terjangkau (Rp.55.000), dapat melatih berpikir kritis, serta mampu menjelaskan konsep rangkaian seri dan pararel.


“Alat ini mampu merangsang siswa untuk berpikir kritis melalui uji coba lanjutan dengan bereksperimen memanfaatkan bahan bakar seperti cuka dan air jeruk,” urainya.


Faiq menambahkan, dirinya berterima kasih atas dukungan dari sekolah, yayasan, Kemenag dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa timur yang membimbing mulai awal hingga mencapai prestasi. Prestasi ini semoga bermanfaat sebagai motivasi bagi rekan-rekan yang lain untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik.


Sementara Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Nahdlatul Ulama (LPPNU) Trate, Muhammad Alfin Wahyudi mengaku bangga dengan prestasi ini. Meski MTs NU Terate Gresik sudah sering menjuarai lomba tingkat nasional, baik siswa maupun gurunya. Tetapi prestasi kali ini karena nominatornya adalah jenjang Madrasah Aliyah dengan status sekolah negeri dan ASN.


“Guru kita ini dapat mengalahkan berbagai jenjang sekolah negeri. Apalagi tahapannya sangat sulit sepeti pemeriksaan di lapangan oleh Dirjen. Setelah dirjen turun, lalu dipilih 5 kandidat,” ujarnya.


Ditambahkannya, dengan berbagai prestasi tersebut, kini MTs NU Terate telah ditetapkan sebagai sekolah berbasis riset.


“Tentu sikap ilimiahnya bisa dikatakan sakral. Gerakannya sangat moncer dan mercusuar. Semoga prestasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya Gresik,” imbuhnya.



Di tempat yang sama Kepala Kemenag  Gresik Markus Firdaus melalui Pengawas Kemenag Fitrotul Khoiriyah sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai oleh Guru MTs NU Trate.



” Selamat atas kemenangan Anugerah Guru dan Tendik kemenag tahun 2021. Kami mewakili Kemenag Gresik mengucapkan selamat atas prestasinya. Ini merupakan prestasi luar biasa yang di raih oleh guru di kabupaten Gresik,” Kata Fitrotul saat memberikan sambutan. Untuk diketahui, sebagai bentuk rasa syukur,



Pagi ini, Kamis (2/12/2021), begitu turun dari mobil, Faiq langsung mendapat Kalung Bunga. Pihak sekolah menyambut kedatangan Faiq Rofiqi dengan bacaan sholawat yang dilantunkan ratusan siswa di halaman sekolah.



Dalam kompetisi tersebut, diambil 5 besar ditentukan menjadi juaranya. Setelah menjalani penilaian yang ketat, maka Kemenag RI memutuskan juara I MTs NU Trate, Juara II MAN 2 Jogjakarta dan Juara III MAN 2 Boyolali. Joosss luar biasa, Selamat untuk MTs NU Trate Gresik. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads