Breaking

Post Top Ad

1/14/2022

Perum BCA Gelar SJB : Cantolan Bahan Makanan, Bantu Sesama Warga Yang Kekurangan

Gresik, pojokpudak.com


Bertempat di One Gate, Perum Bhummi Cermai Apsari, Desa Ngabetan, Kecamatan Cerme, Gresik, puluhan warga sudah antusias sejak usai subuh untuk mengantri mengambil Cantolan berisi Sembako, Jumat (14/1/2022). 


Tepat pukul 06.00 WIB pagi, kegiatan bertema Sedekah Jumat Berkah (SJB) langsung dimulai dengan diambilnya satu persatu cantolan tas kresek berisi bahan makanan, oleh warga perumahan yang sejak pagi sudah mengantri.


Dengan pengamanan Security Perumahan, warga dengan tertib mengambil cantolan berisi sayuran, mie instan, telur, jagung, aneka bumbu dapur, tahu, tempe, wortel, kecap, dan aneka bahan masakan lainnya. Tidak sampai kurang lebih 15 menit, cantolan berisi bahan makanan ini sudah habis diambil langsung masyarakat yang membutuhkan. 


“Alhamdulillah, baru pertama ambil dan lumayan bisa untuk masak di rumah” ujar salah seorang warga yang enggan disebut namanya. Jumat (14/1/2022).


Kegiatan yang diadakan oleh Komunitas “Apsari People Care” atau komunitas kepedulian warga di Perumahan Bhummi Cermai Apsari ini, sudah berjalan sejak 23 Juli tahun lalu.


“Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun lalu, berawal dari kepedulian sesama warga saat pandemi Covid 19 sedang parah parahnya” kata Agus Cahyono (40), Koordinator Aksi.


Agus Cahyono mengatakan bahwa, pada awalnya kegiatan ini diadakan lantaran banyak warga yang terdampak terutama dari segi ekonomi pada saat pandemi sedang parah parahnya.


“Jadi cantolan berisi bahan makanan ini berasal dari warga sendiri, setiap jumat untuk diambil oleh warga yang membutuhkan” ujarnya.


Dalam perkembangannya meskipun pandemi sudah mulai melandai, pihak komunitas warga yang peduli akan aksi kini tetap meneruskan hingga sekarang. Dari awalnya warga yang memberikan bantuan langsung mencantolkan, hingga sekarang dengan metode titip belanja.


“Jadi ada donator yang menitipkan ke tim, untuk membelanjakan donasinya tersebut kepada penjual bahan makanan dan sayuran untuk selanjutnya dibagi dan dimasukkan ke cantolan keresek” terangnya.


Pihaknya menambahkan bahwa masih bisa bertahannya cantolan berisi bahan makanan yang dibagikan ke warga ini lantaran kekompakan warga perumahan, untuk saling bantu membantu antar sesama warga.


Sementara itu, Ahmad Toha (53), Ketua RW setempat mengatakan bahwa banyak warga yang antusias mengikuti kegiatan ini. Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan ini dikhususkan terlebih dahulu bagi warga perum Bhummi Cermai Apsari, namun tidak menutup kemungkinan ada warga luar yang ikut baik menyumbang, maupun ikut mengambil cantolan.


“Tapi tetap kita prioritaskan bagi warga Perumahan terlebih dahulu supaya kebagian” ujar Ahmad Toha.


Pihaknya berharap agar kegiatan warga ini bisa terus berjalan lantaran kegiatan seperti ini memberikan manfaat yang banyak, terutama bagi warga yang membutuhkan. 


Virginia Ach Arianto selaku Warga dan Pengelola One Gate BCA mengatakan ini merupakan bentuk nyata kegotongroyongan warga dan perlu dicontoh daerah lain guna bersama sama melawan covid 19.


Tidak hanya itu ia juga menuturkan perlu dikaji ulang terkait Perda tentang penyerahan Perumahan kepada Pemda sehingga Developer/ Pengembang bisa menyerahkan sesuai aturan yg berlaku agar warga perumahan dapat menikmati pembangunan yang bersumber dari PAD Kabupaten Gresik ujar Virginia Ach Arianto yang merupakan Pengusaha asli Gresik yang sekaligus Direktur CV Karya Bersama. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads