Breaking

Post Top Ad

2/13/2022

Rektor UNARS Karnadi : Siap Merubah Mindset Generasi Penerus di Kabupaten Situbondo Menjadi Generasi Yang Berakhlak Mulia

Situbondo, pojokpudak.com

Karnadi selaku Rektor Universitas Abdurrahman Saleh (UNARS) Situbondo siap merubah mindset generasi penerus di Kota Santri, utamanya para Mahasiswa.


Salah satu tujuannya untuk kepentingan bersama dalam rangka mengedepankan Akhlaqul karima yang saat ini sudah mulai terkikis. 


" Universitas Abdurrahman Saleh (UNARS) akan merubah mindset generasi penerus dan berakhlak mulia,  karena dengan berakhlak ini kita bisa saling menghargai, menghormati antara murid kepada guru, anak kepada orang tua dan bisa membedakan antara mana yang tua dan yang muda maka dari itu Kampus UNARS siap merubah mindset generasi penerus di Kabupaten Situbondo menjadi generasi yang berakhlak mulia " ujar Rektor Karnadi kepada media ini. Minggu (13/02/2022). 


Tak hanya itu, Karnadi juga mengatakan bahwa jika mindset generasi penerus tidak didasari dengan akhlaq tentu mereka tidak akan bisa membedakan mana yang tua dan yang muda, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik antara guru dan murid, jika mindset itu tidak diubah nilai-nilai luhur tata krama, toleransi, menghargai satu sama lainnya akan terkikis . 


" Mindset generasi jika tidak didasari dengan akhlaq tentu kita tidak akan pernah mengerti bagaimana toleransi, bagaimana menghargai antara sesama, antara yang tua dengan yang muda, antara guru dengan murid, antara anak dengan orang tua, betapa pentingnya akhlaq dalam kehidupan ini, jika dalam tingkah, ucapan sudah tidak lagi menggunakan ahlaq , kita tidak akan tahu apa itu toleransi, apa itu saling menghargai, karena ahlaq penerang dalam kehidupan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan sampai terkikis nilai-nilai tata krama akhlaqul karima dalam setiap dimana kita bergaul di manapun kita berada "terangnya.


Sementara itu Karnadi juga menjelaskan bahwa ada 10 tanda ahlaq mulia yang ia kutip dari salah satu tokoh cendikiawan muslim Yusuf bin Asbath yang diantaranya adalah wajah yang ceria , jarang berselisih dan lembut perkataannya. 


" Tanda ahlaq mulia yang saya kutip dari Yusuf bin Asbath (Cendikiawan muslim) diantaranya adalah, Jarang berselisih, baik dalam bersikap adil, meninggalkan tindakan mencari_cari kesalahan orang lain, berusaha memperbaiki keburukan_keburukan yang nampak, mencari udzur bagi orang yang salah, bersabar menghadapi gangguan orang lain yang menyakitkan, selain itu ia juga menyebutkan tanda lainnya yaitu introspeksi dengan mencela diri sendiri yang juga penuh kekurangan, sibuk mengurus aib sendiri tanpa mengurus aib orang lain, wajah ceria dan yang terakhir memiliki tanda lembut dalam setiap perkataanya"pungkasnya. (Za/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads