Breaking

Post Top Ad

3/25/2022

Jelang Pilkades Muspika Balongpanggang Gelar Simulasi Di TPS

Gresik, pojokpudak.com


Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal digelar Sabtu 26 Maret 2022 mendatang, Camat Balongpanggang M. Amri, bersama Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Erik dan Kapolsek Balongpanggang AKP Zainudin, menggelar simulasi.


Simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi digelar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa  Bandungsekaran Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Kamis 24 Maret 2022, Kata Camat Balongpanggang M. Amri.


Dalam simulasi itu banyak adegan yang diperagakan, diantaranya memperagakan pemilihan di TPS yang sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes). Yang dimulai saat petugas menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan TPS. Kemudian ketua Panitia Pilkades melakukan pengecekan dan disaksikan seluruh anggota dan saksi.


Tidak berhenti sampai di situ Amri menjelaskan," Kemudian pemilih memasuki TPS dengan mencuci tangan, dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Setelah mendaftar, pemilih lalu mencoblos ke bilik yang telah disediakan. Setelah mencoblos, kemudian pemilih akan di berikan tanda berupa teteskan tinta biru.


Lebih jauh Amri menuturkan," Simulasi ini mengedukasi petugas penyelenggara bagaimana situasi pemilihan di tengah pandemi. Hal ini agar ketika terjun di lapangan mereka sebelumnya punya gambaran apa yang harus dilakukan jika ada masalah.


“Sebenarnya tidak ada yang membedakan pemilihan di tengah pandemi atau tidak. Hanya saja kali ini dibarengi dengan prokes yang ketat,” jelasnya.


Ada banyak reka adegan kemungkinan yang terjadi di lapangan. Seperti, ketika ada pemilih pingsan maka petugas harus melakukan pertolongan pertama. Juga diperagakan jika ada pemilih yang bersuhu tinggi, maka yang bersangkutan diarahkan memilih ke bilik khusus.


“Begitu juga saat ada pemilih yang meminta pendampingan maka petugas di lapangan dalam hal ini Ketua Panitia Pilkades, harus membantu,” Terangnya.


Perlu di ketahui di Kabupaten Gresik ada sekitar 47 Desa yang bakal melaksanakan Pilkades. Untuk di Kecamatan Balongpanggang sendiri ada 3 Desa diantaranya Desa Dohoagung, Pacuh dan Desa Bandungsekaran.


Dengan adanya pelaksanaan Pilkades tersebut kami berharap semua Calon Kades (Cakades) siap menang siap kalah. Untuk tim sukses diharapkan bisa menjaga ketertiban dan keamanan, jangan ada kerusuhan atau hal hal yang melanggar hukum, semua percayakan pada Panitia Pilkades. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads