Breaking

Post Top Ad

3/15/2022

Spemdalas Ajak Siswa SD Jadi Konten Kreator

Gresik, pojokpudak.com


Untuk meningkatkan daya kreativitas, sejumlah pelajar SD di Gresik Jawa Timur dibekali ilmu publik speaking untuk menjadi konten kreator. 


Kegiatan tersebut diinisiasi SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas). Ini sebagai strategi agar anak-anak SD mampu meningkatkan bakat non-akademik.


Para pelajar SD ini dibekali cara membuat vlog. Merangkai cerita, hingga membuat konten kreatif yang menarik. Langkah awalnya adalah melatih mereka cakap.


"Langkah awalnya kami kenalkan Publik Speaking, harus percaya diri," kata Irma Sonya Suryana, pemateri pelatihan dari TVMU pada Selasa (15/3/2022).


Sonya menambahkan, saat ini profesi konten kreator sangat dimunati. Apalagi, di era media sosial saat ini. Semuanya bisa membuka konten dan membuat konten.


Selain itu, terang Sonya ada juga Influencer. Mereka sering mendapatkan Endorsment -promosi iklan menggunakan tokoh yang memiliki pengikut banyak di media sosial.


"Para influencer ini tentu publik speaking harus bagus agar pesan yang disampaikan mengena kepada audience. Nah anak-anak ini bisa memulai membuat konten dengan ngevlog kegiatan mereka," terangnya.


Sonya menyatakan, menjadi konten kreator harus diasah sejak dini. Dengan memulai kegiatan sederhana seperti vlog kegiatan sehari-hari maupun saat liburan.


"Jadi tipsnya dimulai dari hal sederhana, mengenalkan lingkungan mereka dijadikan video lalu diupload di Youtube pribadi mereka," tambahnya.


Sementara itu, mentor program pelatihan publik speaking dan konten kreator Spemdalas, Oky Senja Prastica menyatakan kegiatan ini diikuti oleh siswa SD.


"Kami membuka wadah agar mereka ketika sudah SMP lebih mahir," ujarnya.


Oky menambahkan, dalam pelatihan ini dibagi dua tim yakni publik speaking dan konten kreator. Masing-masing diberikan ilmu sesuai minat bakat anak-anak.


Materinya, kata Oky mulai dari pengenalan materi hingga praktik buat konten, edit video, upload di Youtube. Kemudian, publik speaking juga diajarkan jadi MC serta tips agar percaya diri di ruang publik.


"Ini merupakan program Spemdalas agar para pelajar SD di sekitar sekolah bisa mengasah daya kreativitas mereka," imbuhnya. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads