Breaking

Post Top Ad

4/27/2022

Bupati Gus Yani : Guna Meningkatkan Perekonomian, Mari Lestarikan Tradisi Perayaan Malam Selawe

Gresik, pojokpudak.com


Tradisi perayaan malam selawe ramadhan, yang sempat vakum hampir dua tahun akibat adanya pandemi covid-19, kini di gelar kembali.


Hari ini tradisi itu di rayakan oleh seluruh daerah se jawa timur khususnya wilayah Kabupaten Gresik di laksanakan di halaman parkir makam Sunan Giri, Desa Kebomas Kecamatan Kebomas , Kabupaten Gresik, Selasa (26 /4/2022) malam.


Dimana perayaan malam selawe sudah ada sejak jaman Mbah Sunan Giri. Hal ini mengingat sebuah tradisi yang harus kita lestarikan bersama sama. Kata Bupati Fandi Akhmad Yani atau yang akrab disapa Gus Yani. 


Lebih jauh Gus Yani menuturkan," Alhamdulillah, hari ini kita bisa melakukan tradisi ini, seakan akan tidak ada habisnya terkait budaya di Kabupaten Gresik, salah satunya adalah malam selawe. Dimana malam selawe ini adalah budaya turun temurun yang di mulai dari Mbah Sunan Gini di masanya, beliau mengajak pada seluruh santri untuk meningkatkan ibadah di bulan puasa, salah satunya dan mengharap malam Lailatul Qodar.


Subtansi di era sekarang  ada dua hal yang mana merupakan bentuk identitas Kabupaten Gresik salah satunya budaya yaitu malam selawe di makam sunan giri. Untuk itu sekarang ini kami menjaga dan melanjutkan. Dengan berharap mendapat ridho Allah 


Dan yang kedua, bahwasahnya pelaksanaan malam selawe tersebut mengerakkan perekonomian yang sangat luar biasa dengan datangnya masyarakat berbagai daerah, yang berduyung duyung untuk datang di makam Sunan Giri. Tentunya sangat berdampak pada pemulihan perekonomian yang sangat luar biasa.


Mudah mudahan tradisi malam selawe ini terus kita jaga dan pandemi covid-19 segera berakhir. Tambahnya 


Saat di temui di tempat yang sama Camat Kebomas Jusuf Ansyori menuturkan," Malam selawe  ini adalah malam budaya tradisi masyarakat gresik, di mana tiap malam selawe kita mengadakan kegiatan dan untuk menyambut datangnya malam lailatul qodar yang datangnya di setiap malam malam ganjil, sehingga di biasakan santri santrinya untuk melakukan ibadah secara khusus.


Masih Jusuf Ansyori," Dengan adanya malam selawe ini, tentu dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Kabupaten Gresik, khususnya masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kebomas,"


Lebih lanjut Jusuf Ansyori menjelaskan,"Dengan munculnya beberapa UMKM, sehingga semua hasil UMKM itu bisa laku terjual, mengingat dengan banyaknya pengunjung yang datang di acara malam selawe, dan alhamdulilah untuk UMKM yang ada di pameran ini dari Kabupaten Gresik semuanya,"


Perlu diketahui, Alhamdulilah beberapa UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Kebomas tersebut mendapatkan surat ijin usaha, yang nantinya bisa di gunakan untuk mencari permodalan di salah satu bank yang sudah berkerjasama. Dan surat tersebut di berikan secara langsung oleh Bupati Gresik " Tambahnya.


Sementara itu Ilham Alfin Saputra selaku Ketua pelaksana malam selawe menuturkan," Tentu saja kami sangat sangat senang sekali, dimana para UMKM tersebut bisa mengerakkan ekonomi, untuk itu agar nantinya kedepannya acara malam selawe tetap selalu ada," Katanya singkat. (Dyo)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads