Breaking

Post Top Ad

5/11/2022

Agar Terhindar PMK, Wahono Yudho Berikan Sapinya Ramuan Kearifan Lokal

Gresik, pojokpudak.com


Guna untuk terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) banyak cara yang di lakukan salah satunya, membersihkan kotoran di kandang baik kotoran padat maupun cair dan memberikan makanan tambahan, terlebih lagi ramuan kearifan lokal. Secuil kata Wahono Yudho selaku pemilik kandang sekaligus Kepala Desa Kedungsumber Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Selasa (10/5/2022) pagi.


Hal itu, dilakukan setiap hari dua kali, yang bertujuan jangan sampai sapi sapi nantinya terjangkit PMK.


Dalam pembersihan kandang sapi tersebut, Wahono Yudho dengan cekatan mengambil sisa sisa kotoran sapi, sekaligus  menyemprotkan air kesemua sudut kandang, yang bertujuan agar kandang bersih. 


Tidak berhenti sampai di situ, ia juga memberikan campuran makanan tambahan.


Lebih jauh Wahono Yudho menuturkan," Dalam penanganan yang ia pakai ini adalah warisan dari kakek dan bapak saya, sebab dari dulu mereka sudah memelihara sapi. Jadi yang di utamakan kebersihan kandung yang dilakukan pagi dan sore, apapun kotoran padat atau cairan itu harus bersih. Kandang jangan lupa harus ada Bediang (Pengasapan kecil).


Perlu diketahui, setelah sapi selesai dimandikan kita berikan atau semprotkan solar pada setiap kakinya, dan juga di sekelilingnya kalau bisa jangan terlalu banyak sebab di khuwatirkan licin, yang jelas solar tersebut bertujuan jangan sampai ada virus yang masuk.


Di kesehatan sapinya sendiri Wahono Yudho satu Minggu sekali kita bikinkan bubuk kunir. Kalau andai kata ada bau yang tidak sedap dari nafas segera kita bawang putih tiga siung kita timbuk, dan tidak usa kita masukkan ke mulutnya namun kita aduk di tempat makanan yang di campur dengan dadok halus.


Untuk satu Minggu sekali kita juga berikan kalsium agar bertujuan nantinya sapi lebih sehat. 


Jangan lupa sisa sisa makanan harus dibersihkan, sebab dikuwatirkan disitu tumbuh jamur, yang nantinya akan mengakibatkan penyakit.


Lebih jauh Wahono menuturkan," Ingat kandang jangan sampai satu atap dengan rumah dan harus terbuka sirkulasi udara harus bebas.


Perlu di ketahui, disini kita mempunyai resep sekaligus ramuan kearifan lokal. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads