Breaking

Post Top Ad

5/29/2022

Kades Buko Demak Jawa Tengah Slamet Wahono Boyong 57 Warganya Kunjungi Setigi dan Agrowisata KPI: Belajar Bareng Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Gresik, pojokpudak.com


Dengan penuh semangat membangun desa demi sejahterakan masyarakat, Kades Buko, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah memboyong 57 warganya melakukan Studi Banding ke Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Menariknya, kunjungan tersebut bukan untuk pertama kalinya, namun merupakan kunjungan yang ketiga. 


Hal ini menunjukkan betapa seriusnya Pemdes Buko Demak Jawa Tengah untuk belajar bareng bagaimana caranya membangun desa seperti Desa Sekapuk yang berhasil mengubah status Desa Tertinggal kini melejit menjadi Desa Miliarder. 


Ketua Tim PDDM (Pusat Diklat Desa Miliarder) Pemdes Sekapuk Sekar Dwi Cahyani membenarkan jika rombongan Pemdes Buko Demak Jawa Tengah telah tiga kali melakukan kunjungan studi banding ke Desa Sekapuk yang memiliki dua wisata Desa, yakni Setigi dan agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI). 


"Selain dari Demak Jawa Tengah, sebelumnya sudah banyak kunjungan dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya Gianyar Bali, Batu Malang, Sulawesi Selatan, Kalimantan, Sumedang Jawa Barat, Jepara, Sumenep Madura, Pacitan, Nganjuk, Bojonegoro, Trenggalek, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung, dan masih banyak daerah di luar Gresik," beber Ani, panggilan akrab Sekarang Dwi Cahyani, Minggu (29/5/2022). 


Sementara Kades Buko Demak Jawa Tengah Slamet Wahono mengatakan, dirinya sengaja mengajak perangkat desa dan warganya yang berjumlah 57 orang untuk studi banding belajar langsung mewujudkan Desa Miliarder demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


"Semoga dengan rombongan berjumlah 57 (ma-ju, Red), Desa kami bisa maju seperti Desa Sekapuk, yang memiliki dua wisata Desa sekaligus, yakni yakni Setigi dan agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI). Bismillah, mugi diijabah dening Allah SWT," harap Kades yang dikenal dekat dengan para Kiai dan Habib ini. 


Terkait kunjungan tersebut, Kades Sekapuk Abdul Halim berucap Alhamdulillah mugi migunani. Terima kasih Pemdes Buko Demak yang sudah memilih Desa Sekapuk untuk teman diskusi ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga diberikan kemudahan dalam mewujudkan cita-cita mulia di desanya.


'Sarapan pagi di Agrowisata Kebun Pak Inggih dan makan siangnya di Wisata Setigi, sepenggal kisah pembangunan SDM untuk ketua RT dan RW serta BPD Desa Buko hari ini, semoga sinergi bangun desa untuk majukan bangsa," ujar Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini. 


Ditambahkan Kades Sekapuk, desa memiliki kewenangan yang diatur didalam UU Desa. Untuk itu gunakan kewenangan dengan maksimal dengan prinsip berbuatlah yang manfaat untuk masyarakat, dan jangan pernah berniat untuk memanfaatkan masyarakat. Membangun desa sama dengan bangun bangsa. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads