Breaking

Post Top Ad

7/04/2022

Berikan Pemahaman Pencegahan PMK Kodim 0817 Gresik Gandeng Dinas Peternakan

Gresik, pojokpudak.com


Kodim 0817/Gresik bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Gresik melaksanakan penyuluhan dan edukasi terkait penanganan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) dan mekanisme pemotongan hewan kurban, yang dihadiri oleh Kasdim 0817/Gresik, Para Perwira Staf, Danramil serta Babinsa jajaran, yang nantinya dapat memberikan edukasikan kepada masyarakat khususnya para peternak binaan, kegiatan berlangsung di Aula Makodim Jl Kartini No 33 Kec. Kota Kab. Gresik. Senin (4/7/2022).


Kesempatan ini Abdul Alim (Dinas Peternakan Kab Gresik) dalam sambutannya menyampaikan tujuan diselenggarakan penyuluhan dengan harapan kepada seluruh Prajurit Kodim 0817/Gresik dapat memahami perkembangan penyakit PMK dan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat binaan di wilayah masing-masing.


“Menjelang hari raya Idul Adha semua Babinsa harus bisa sosialisasi syarat pemotongan hewan kurban kepada warga, dan hewan kurban harus mempunyai sertifikat sehat yang telah diberikan oleh dokter hewan setempat, dan pelaksanaan Pemotongan hewan kurban harus di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan harus di awasi oleh dokter hewan dari dinas peternakan.”tuturnya.


“Selain itu hewan yang sudah dipotong untuk usus/jerohan harus dibuang di lubang dan di imbun, batas waktu untuk hewan yang sudah dipotong 5 jam setelahnya harus sudah didistribusikan ke warga, selain itu


Di lokasi yang sama Kasdim 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi menghimbau kepada seluruh Danramil dan Babinsa yang hadir, untuk ikut melakukan pemantauan di wilayah masing-masing, dan juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat maupun para peternak untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal pemotongan hewan untuk kurban. 


“Semoga dengan penyuluhan yang diberikan ini, kemudian dapat disampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih mengerti mekanisme ketika akan melakukan pemotongan hewan kurbannya, memang tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena saat ini sedang marak PMK pada hewan ternak khususnya sapi.”tuturnya.


“Kepada para Babinsa terus berkoordinasi dengan tiga pilar dalam melaksanakan pemantauan disejumlah peternakan, pastikan hewan ternak benar-benar dalam kondisi sehat, apabila ditemui ada hewan yang sakit atau terindikasi PMK, agar disampaikan kepada peternak untuk melaporkan kepada petugas atau dokter hewan agar segera mendapat respon dan pencegahannya dengan cepat, mari kita bantu dinas peternakan untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat.”pungkas Kasdim. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads