Breaking

Post Top Ad

7/22/2022

Ketua KWG : Gresik Perlu Rumah Besar Menampung dan Menyebarkan Informasi Semua Kegiatan Mulai Tingkat Desa Sampai Kabupaten

Gresik, pojokpudak.com


Bagian Protokol dan Komunikasi pemerintah Kabupaten Gresik menggelar Forum Group Discussion (FGD) peran media massa dalam menunjang kinerja pemerintah kabupaten Gresik yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Cerme, Kamis (21/7/2022).


Kegiatan itupun dihadiri Wakil Ketua DPRD Nur Saidah, Humas Pemkab Johar Gunawan, anggota DPRD Kusrianto Pujiantoro, Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Syuhud Almanfaluty, Camat Cerme Umar Hasyim dan perangkat desa se-kecamatan Cerme.


Ketua KWG Syuhud yang didapuk sebagai salah satu narasumber menerangkan secara singkat tentang peran, fungsi dan pentingnya media massa sebagai salah satu sarana yang diperlukan masyarakat untuk mendapatkan informasi.


Oleh sebab itu, dalam kesempatan tersebut dirinya mempunyai gagasan di Kabupaten Gresik ada semacam rumah besar atau central media yang bisa menampung dan menginformasikan semua kegiatan program pemerintah mulai dari tingkat desa, Kecamatan sampai Kabupaten dengan melibatkan media massa sehingga program-program yang dilaksanakan mulai tingkat desa sampai kebijakan Bupati bisa terespos tidak hanya di lingkup kabupaten Gresik tapi bisa di akses sampai ke luar negeri.


" Itu yang pernah saya pelajari di Makasar, Banyuwangi maupun di Bandung ketika study banding. Dan ini kalau bisa di realisasikan di Gresik akan bagus. Misalnya desa bangun JPD sekian, embung sekian bisa dipublikasi sehingga masyarakat tahu pemdes melaksanakan pembangunan." ungkapnya.


Syuhud menegaskan peran media massa  juga penting dalam membangkitkan perekonomian salah satunya perekomian desa.


" Contohnya Setigi di Desa Sekapuk yang dulu dikenal tempat penampungan sampah tapi sekarang menjadi tempat wisata yang sekarang beromset miliaran. Kenapa Sekapuk bisa semoncer saat ini, orang Malayasia tahu, orang Singapura tahu. Karena disitu ada peran media massa yang terus memberikan informasi sehingga tempat wisata itu menjadi terkenal",  ujarnya.


Di tempat yang sama Anggota DPRD Gresik Achmad Kusrianto menuturkan," Media itu bisa membranding seseorang menjadi terkenal, makanya peran media itu sangat besar. Kerena itu, dalam suatu pemerintah media juga memiliki peran besar dalam membranding keberhasilan pemerintah," 


Ia menyebut, media memiliki peran besar untuk mem-branding seseorang maupun pemerintah sehingga menjadi terkenal. Kata anggota Fraksi PDIP DPRD Gresik itu.


Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah, mengatakan bahwa pemerintah mulai tingkat kabupaten hingga desa harus berpartner baik dengan media, dengan wartawan.


"Jangan alergi dengan media, dengan wartawan. Harus kita ajak bermitra. Ajak komunikasi dengan baik," kata Nur Saidah.


Ia menilai, media itu tak hanya sebagai penunjang kinerja pemerintahan Gresik lewat fungsi kontrolnya. Namun, media juga memiliki andil besar dalam menyampaikan program dan keberhasilan pemerintah sehingga bisa diketahui oleh masyarakat.


"Saya contohnya, bahwa seorang Bupati atau Kepala Desa tak akan mampu menyampaikan program-program dan keberhasilannya kepada masyarakat satu persatu. Waktunya tak akan cukup. Tapi dengan bantuan media, wartawan, informasi tersebut bisa cepat diketahui masyarakat," Tambahnya. (Rof/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads