Breaking

Post Top Ad

7/03/2022

Melestarikan Budaya Jawa Pemdes Wotansari Gelar Bersih Desa Dengan Kirab Gunungan Raksasa dan Jaranan Sokoguru Gondo Budoyo

Gresik, pojokpudak.com


Dalam rangka melestarikan Tradisi Budaya Jawa secara Turun-temurun, Desa Wotansari Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, mengelar Bersih Desa, Minggu (3/7/2022) siang.


Dalam kesempatan tersebut kirab gunungan hasil bumi dan Jaranan Soko guru Gondo Budoyo mewarnai acara ritual Bersih Desa.


Gelaran Bersih Desa atau masyarakat menyebutnya sebagai Sedekah Bumi itu, juga menampilkan pagelaran Ludruk Karya Budaya dan prosesi arak - arakan gunungan hasil bumi, mengitari wilayah desa setempat finis di balai desa.


Ratusan warga turut larut dalam suasana sakral namun juga gembira, mengingat ini kali pertama digelar sedekah bumi, paska pandemi Covid-19.


Kepala Desa (Kades) Wotansari H. Hariyono yang memimpin jalannya ritual sedekah bumi mengatakan, bersih desa dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberi kelimpahan rejeki, berupa hasil panen melimpah.


"Semua ini karena bentuk ungkapan rasa syukur. Semenjak ada pandemi, baru kali ini sedekah bumi dilaksanakan", kata Hariyono.


Kirab dan pagelaran seni budaya itu sendiri, tambahnya, sebagai bentuk pelestarian budaya dan adat - istiadat masyarakat, yang sudah berlangsung turun - temurun.


"Bukti bahwa masyarakat masih memegang teguh dan menghormati adat -  istiadat dan budayanya , dengan kearifan lokal, ditengah modernisasi", tambahnya.


Lebih jauh Hariyono berharap, dengan ritual sedekah bumi ini, desa yang dipimpinnya semakin maju dan berkembang, serta masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera.


Menarik perhatian masyarakat atau pengunjung yang menyaksikan prosesi arak - arakan, yaitu ditampilkannya 2 gunungan raksasa, dengan di iringi jaranan Soko guru Gondo Budoyo.


Camat Balongpanggang Amri  mengapresiasi sekali, dengan di adakan sedekah bumi ini, tradisi ini patut  dijaga kelestariannya, agar ini nantinya tidak hilang atau dilupakan karena waktu, semoga ini bisa terjaga kelestariannya bagi generasi muda sekarang ini," Katanya. 


Tujuan bersih desa ini, di samping untuk memohon berkat agar hasil panen melimpah, juga memohon agar seluruh warga di beri kesehatan, menjadikan desa yang aman, tenteram, dan juga gemah ripah loh jinawi. Tambahnya.


Selain Kades Wotansari H. Hariyono, Bersih Desa tersebut di hadiri  Camat Balongpanggang Amri, Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Erik, Kapolsek Balongpanggang AKP Zainudin, seluruh Perangkat Desa Wotansari. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads