Breaking

Post Top Ad

7/20/2022

Penyusunan RKPDes 2023 Camat M. Amri : Kebijakan Pemdes Diharapkan Sinergi Dengan Program Nawa Karsa Bupati

Gresik, pojokpudak.com


Sejumlah desa wilayah Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik melaksanakan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023 dan program prioritas pembangunan tahun 2024, Selasa (19/7/2022).


Desa yang melaksanakan RKPDes tersebut meliputi Desa Babatan, Pacuh, Dohoagung dan Desa Kedungsumber. Kegiatan itupun dihadiri Camat Balongpanggang, Kepala Desa, BPD dan tokoh masyarakat.


Tujuan dari penyusunan RKPDes ini adalah terwujudnya perencanaan desa dalam usaha mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa. Dan tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien, efektif dan ekonomis dalam pembangunan desa menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera.


Camat Balongpanggang Amri dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema rencana kerja di tahun 2023 adalah penguatan sumber daya manusia yang unggul berkebudayaan berlandaskan akhlakul karimah. 


Camat mencontohkan penguatan SDM tersebut bisa melalui program peningkatan Kualitas anak dan perempuan yang diaplikasikan seperti sekolah perempuan,  penanggulangan stunting, peningkatan  posyandu dan lain-lain. 


Disamping itu, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan infrastruktur tetap harus menjadi program prioritas. " pemberdayaan bisa melalui BUMDes, infrastruktur jalan seperti jalan poros desa atau jalan lingkungan yang rusak di bangun dengan cara rabat beton supaya awet,". Ungkap Camat ketika menyampaikan sambutan di desa Babatan.


Oleh sebab itu, demi mewujudkan program Nawa Karsa, Amri menghimbau usulan-usulan yang masuk atau kebijakan pemerintah desa diharapkan sinergi dengan pemerintah kabupaten yaitu Nawa Karsa.


" Jangan lupa ketika penyusunan disertai dengan visi misi kepala desa dan semoga kebijakan pemerintah desa sinergi dengan arah kebijakan pemerintah kabupaten," Ujarnya.


Sedangkan kades Babatan Sagita yakin penyusunan RKPDes tahun 2023 ini bisa meningkatkan perekenomian warganya. " tahun depan kami akan tingkatkan program BUMDes dan saya yakin perekonomian warga meningkat," katanya.


Di tempat terpisah Kades Pacuh Imron menyampaikan pihak pemerintah desa dalam kegiatan ini akan memilah mana usulan yang bersinergi, selaras dan berkesinambungan dengan program Nawa Karsa Bupati Gresik.


Sementara itu, Kades Dohoagung Warsito dalam sambutannya dengan senang hati menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun.


" Saya  menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun, bukan menjatuhkan, entah itu dalam hal pembangunan desa atau yang lain karena sebagai manusia biasa pasti mempunyai kesalahan." (Rof/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads