Breaking

Post Top Ad

7/25/2022

Untuk Memberikan Penanganan Cepat Kesehatan Hewan di Wilayah Kodim 0817/Gresik Menggelar Sosialisasi Aplikasi iSIKHNAS

Gresik, pojokpudak.com


Kodim 0817/Gresik bekerja sama dengan Dinas Ketahan Pangan dan Peternakan Kabupaten Gresik melaksanakan sosialisasi aplikasi iSIKHNAS bertempat di lantai 2 Aula Makodim Jl. R.A. Kartini No.33, Kesemen, Gapurosukolilo kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Sabtu (23/7/2022).


Dengan mempedomani protokol kesehatan, kegiatan sosialisasi aplikasi iSIKHNAS dipimpin oleh Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi dan diikuti oleh seluruh Personel jajaran Kodim 0817/Gresik.


Adapun tujuan dari diselenggarakan kegiatan sosialisasi aplikasi iSIKHNAS ini agar kedepan informasi terkait kesehatan Hewan di Indonesia bisa cepat didapat, akurat berbasis electronik sehingga begitu disuatu daerah terjangkit suatu penyakit bisa cepat tertangani dan upaya upaya pencegahan, pengendalian maupun pemberantasan bisa dilakukan lebih maksimal.


Manfaat dari sistem ini adalah kecepatan informasi, dan kegiatan ini terkoneksi dengan lintas instansi tentunya yang menangani fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan. Guna meningkatkan produksi ternak domestik dan memastikan keamanan pangan serta menstabilkan harga pasar untuk produk ternak yaitu pentingnya penguatan sistem pelayanan kesehatan hewan nasional, terutama sebagai upaya menghadapi ancaman masuknya penyakit hewan menular yang baru muncul yang sangat berpotensi menghancurkan dunia peternakan.


Melalui aplikasi iSIKHNAS early report (laporan cepat) atau early detection (deteksi awal) dapat berjalan dengan baik, sehingga mendapatkan akses analisis untuk mengambil keputusan atau langkah-langkah aksi dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan dapat bergerak dengan cepat sehingga jangan sampai terjadi outbreak penyakit.


Aplikasi iSIKHNAS dapat bekerja secara profesional dan mandiri serta mampu melaksanakan penyelesaian teknis lainnya karena iSIKHNAS tidak hanya mencakup informasi penyakit hewan namun juga berbagai informasi terkait produksi ternak, pemotongan hewan, distribusi Nitrogen (N2) Cair dan straw serta ketersediaan pakan untuk hewan.


Selain itu sistem iSIKHNAS harus dipelihara dan dimonitoring dengan baik. Teknis pengelolaan sistem dengan memperkuat dan meningkatkan kapasitas SDM juga sangat penting dilakukan, 


Kasdim mengatakan “Diharapkan anggota yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini bisa memahami dan mengerti cara penggunaan aplikasi iSIKHNAS ini, karena dengan aplikasi ini sangat membantu anggota (Babinsa) dengan cepat untuk memberikan informasi tentang kesehatan hewan kepada masyarakat binaannya saat bertugas di wilayah.” (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads