Breaking

Post Top Ad

8/19/2022

Luar Biasa !!! Harumkan Kota Santri, Siswa MAN 2 Gresik Ukir Prestasi di Ajang Bergengsi Lomba Karya Tulis Ilmiah Internasional 15 Negara di Dunia

Gresik, pojokpudak.com



Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Gresik seakan-akan tidak ada hentinya mengukir prestasi demi prestasi. Perolehan prestasi di ajang nasional maupun internasional pun selalu mereka raih dalam kejuaraan apapun, baik akademik maupun non akademik. Kabar membanggakan datang dari ajang OCSO 2022 yang sebelumnya diraih oleh tim KTI Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik yang diketuai oleh Widya. 


Kegiatan  yang diselenggarakan oleh 15 negara yaitu Indonesia, Vietnam, Yunani, Malaysia, Azerbaijan, Kambodia, UAE, Philiphina, Bulgaria, Tunisia, Hongkong, Syria, Bolivia, Bangladesh, Turki ini menurut mereka sangat bergengsi, mengingat peserta lomba dari berbagai negara. Usaha memang tak mengkianati hasil, jerih payah dua siswi asal Madrasah Aliyah Negeri 2 berhasil meraih medali perunggu dalam kejuaraan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tingkat Internasional yang dilaksanakan secara daring pada 21 Maret - 1 April 2022.


(OCSO) adalah organisasi yang bergerak di bidang pengembangan STEM untuk menciptakan keterampilan abad 21. (berpikir kritis, kreatif, kerjasama dan berpikir komputasi). STEM Merupakan kurikulum yang didasarkan pada filosofi mendidik siswa dalam sains, teknologi, teknik dan matematika dalam pendekatan interdisipliner dan aplikatif. Alih-alih mengajarkan keempat mata pelajaran ini sebagai topik yang terpisah dan berbeda, STEM mengintegrasikannya ke dalam pengalaman belajar yang komprehensif berdasarkan aplikasi dunia nyata.


Tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) asal Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik mengirimkan tim satunya lagi dengan membawakan karya ilmiah dengan judul liquid smoke from coconut waste as a source of energy substitute of fuel in sambiroto village, balongpanggang district.


Daftar Siswa berprestasi yang berhasil mengukir prestasi di ajang International Youth STEM Tournament 2022 adalah:


Andini Prameswari (ketua tim) 10 MIPA 1


Choiri Nasry 10 MIPA 1


Kepala MAN 2 Gresik, Drs. H. Samari, MM merasa sangat puas dengan capaian siswanya dan mengapresiasi hasil kerja keras dan cerdas dua siswinya tersebut. Beliau berpesan agar terus melanjutkan bakatnya walau nanti sudah lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik.


Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Drs. H. Sahid, MM didampingi Kasi Pendma Hj. Masfufah, M.Pd, turut bangga dan mengapresiasi prestasi ini. “Semoga menjadi motivasi bagi siswa lainya untuk terus meraih prestasi di kemudian hari dan terima kasih telah mengharumkan nama Kementerian Agama Kabupaten Gresik," ungkapnya. 


Dikonfirmasi terpisah terkait seabrek prestasi siswa MAN 2 Gresik, baik tingkat Jawa Timur, Nasional, hingga Internasional, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Dr. Husnul Maram, M.H.I menyatakan turut bangga, bersyukur, dan memberikan apresiasi luar biasa atas capaian gemilang berkompetisi tingkat dunia bersama 15 negara lainnya. 


"Alhamdulillah MAN 2 Gresik terus berprestasi tiada henti untuk mewujudkan Mdrasah hebat, Madrasah bermartabat, Madrasah mandiri berprestasi dan Madrasah kelas dunia," tandas Husnul Maram yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kabag TU Kemenag Gresik, Kepala Kemenag Lamongan, dan Kepala Kemenag Surabaya ini. 


Untuk diketahui, sebelumnya siswa MAN 2 Gresik juga berhasil mengukir prestasi Nasional dalam Olimpiade Sosiologi 2022. Naila Khurriyatul yang saat ini duduk di kelas XI IPA 4 MAN 2 Gresik tersebut meraih prestasi dalam Olimpiade Sosiologi tingkat Nasional.


Tidak hanya itu, siswa MAN 2 Gresik lagi-lagi berhasil meraih prestasi akademik di ajang Kejuaraan Nasional Sains and Sosial  Competition yang diadakan oleh Liga Science Social pada 7 Agustus 2022. Delapan siswa MAN 2 Gresik pun berhasil menorehkan prestasi dan membawa pulang delapan medali.


Adapun siswa yang meraih medali tersebut pada sains and sosial  Competition yang diadakan oleh Liga Science Social pada 7 agustus 2022 sebagai berikut :


Ayunda Rahmah Ainunnisa Medali Emas Biologi

Robiatul Adawiyah (12 Mipa 2)  Medali Emas Dan Juara 1 Biologi

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Emas Sosiologi

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Perak Biologi

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Perak Ekonomi

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Perunggu Bahasa Inggris

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Emas Bahasa Indonesia

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Emas dan Juara 1 Geografi

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Perunggu Kebumian

Nur Jannah (11 Ips 1) Medali Perunggu Matematika


Siswa MAN 2 Gresik Raih Banyak Medali Pada Olimpiade Sains Akbar Nasional 2022


Alhamdulillah, sebuah prestasi akademik kembali diraih oleh siswa-siswi MAN 2 Gresik. mereka berhasil menjadi juara bidang akademik dalam berbagai even Olimpiade Sains Akbar Nasional yang diselenggarakan oleh Ya Presindo pada 7 Aguastus 2022.


Peserta lomba pun tidak main-main, semuanya telah memiliki track record yang bagus dan mumpuni. Namun, siswa-siswi MAN 2 Gresik tak mau kalah, mereka terus berlatih dan berjuang sampai mendapatkan apa yang mereka inginkan sesuai ekspektasi.


Berikut daftar nama siswa yang meraih medali :


Nadin Berliana Putri - Xi Mipa 1 (Perak)

Shinta Asri Dewantari - Xi Mipa 1(Perak)

Nabila Ainurrohmah - Xi Mipa 1(Perak)

Nazwa Dwi Rizkya (Perunggu)

Nadin Berliana Putri - Xi Mipa 1(Perak)

Suci Nur Azizah - Xi Mipa 1(Emas)

Ulul Divani Azmi - Xii Mipa 1 (Perunggu)

Nadin Berliana Putri - Xi Mipa 1(Perunggu)

Nabila Ainurrohmah - Xi Mipa 1 (Perunggu)

Shinta Asri Dewantari - Xi Mipa 1 (Perunggu)

Nadin Berliana Putri - Xi Mipa 1(Perak)

Nikmatus Sholikah (Perak)

Nafa Liya Ramadani (Perunggu)

Naja Sayyidatur Rohmah (Emas)

Suci Nur Azizah - Xi Mipa 1 (Emas)

Nafa Liya Ramadani (Emas)

Nadin Berliana Putri - Xi Mipa 1 (Perak)

Nuzul Indrianti (Perunggu)

Nur Sa`Diyah (Perunggu)


"Alhamdulillah siswa kami sukses semua, Alhamdulillah dapat medali semua. Anak-anak setiap hari dibimbing oleh pembina olimpiade yang mumpuni dan punya track record bagus," kata Samari selaku Kepala MAN 2 Gresik yang dulu juga pernah berjaya dan sukses memimpin Asosiasi Kepala Desa (AKD), baik Kabupaten Gresik maupun Provinsi Jawa Timur. (Dik/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads