Breaking

Post Top Ad

8/29/2022

Sedekah Bumi Dusun Gempol, Kades Santuni Janda Kurang Mampu Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Warga

Gresik, pojokpudak.com


Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat Dusun Gempol, Desa Gempol Kurung,  Kecamatan Menganti,  Kabupaten Gresik. 


Acara Sedekah bumi di Dusun Gempol yang diselenggarakan Minggu (29/8/2022) sudah merupakan tradisi tahunan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat  diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala atau wabah pandemi yang sedang melanda Indonesia. 

Pelaksanaan Sedekah Bumi tersebut melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan dan masyarakat desa.


Rangkaian kegiatan sedekah bumi dimulai dari pengajian, selamatan sekaligus doa bersama. Dan pada malam harinya, diadakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. 


Kepala Desa Gempol Kurung Nuriadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya panitia yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini. 


Kades menuturkan, sudah kurang lebih tiga tahun warga tidak melaksanakan sedekah bumi karena pandemi yang mengharuskan pemerintah melarang kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Iapun berharap wabah yang sudah mendunia ini segera berlalu. 


Setelah menyampaikan sambutan, kades memberikan santunan kepada dua puluh janda kurang mampu. Hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian kepala desa terhadap warganya. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads